Kucing-kucingan dengan Petugas, Truk ODOL Ogah Masuk Jembatan Timbang

Truk-ODOL4.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Truk Over Dimension Over Load (ODOL) seperti batu bara, CPO dan angkutan lainnya terlihat kucing-kucingan hampir setiap hari dengan petugas Jembatan Timbang, di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi.

Puluhan hingga ratusan truk ODOL yang melintas hampir setiap hari di jalan Nasional di Kabupaten Kuansing ogah masuk jembatan timbangan karena diduga memiliki muatan melebihi tonase dan kondisi truk over dimension.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID pada Rabu, 2 Februari 2022 kemarin terlihat ada belasan truk ODOL mengangkut batu bara, CPO dan angkutannya lainnya harus berhenti sebelum melintas di jembatan timbang.

Truk tersebut berhenti setelah melihat ada petugas jembatan timbang stanbay di pinggir jalan mengarahkan truk tersebut untuk masuk jembatan timbang. Namun truk tersebut memilih berhenti dan menunggu petugas jembatan timbang bubar baru melintas.


"Ini terjadi hampir setiap hari," ujar salah seorang warga kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu kemarin.



 

Akibat truk batu bara dan CPO dan angkutan lainnya sering berhenti ditepi jalan sebelum melintas di jembatan timbang cuku rawan terjadi lakalantas didaerah tersebut.

"Kadang macet juga, karena jumlahnya banyak melakukan antrian panjang," keluh warga tersebut.