Isu Pelantikan Hanya Isapan Jempol, Puluhan Jabatan di Pemkab Kuansing Kosong

bkd-kuansing.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kuansing mencatat ada puluhan jabatan mulai eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Kuansing tidak terisi atau kosong.

"Ada 70 lebih jabatan tak terisi belum defenitif. Tapi sudah ditunjuk pelaksana tugas (Plt)," kata Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKPP Kuansing, Hendri Joprison kepada Riau Online, Senin, 4 Oktober 2021.

Kekosongan jabatan tersebut lanjut Dia karena ada sebagian pejabat yang pensiun, meninggal dunia hingga pensiun dini. "Sudah ada Plt yang ditunjuk, sebagain lagi masih diajukan," katanya.

Lanjut Hendri ada satu jabatan yang memang belum ada Plt yakni jabatan Asisten II Setda Kuansing. BKPP sendiri katanya sudah mengajukan terhadap jabatan yang kosong tersebut agar segera dijabat Plt.


Hingga kini masih banyak jabatan yang di Plt-kan oleh Pemkab Kuansing, Untuk eselon II saja ada belasan yang masih berstatus Plt. Termasuk jabatan eselon III dan IV. Banyaknya jabatan diisi Plt tampaknya tidak membuat risau Pemkab Kuansing. 

Isu akan adanya pelantikan dan mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing sempat merebak di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kuansing. Sejumlah ASN pun banyak yang bertanya-tanya kapan digelarnya pelantikan oleh Bupati dan Wabup Kuansing.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Kuansing Suhardiman Amby yang dihubungi Riau Online tidak menampik akan adanya pelantikan dalam waktu dekat ini.

Namun pelantikan tersebut dilakukan guna mengisi kekosongan jabatan terutama pejabat eselon III dan IV. "Cuma mengisi jabatan yang kosong," kata Wabup, Kamis, 16 September 2021.