Asyik Nongkrong di Warkop, Warga Kuansing Ternyata Positif Covid-19, Waduh!

Tes-Antigen5.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Satu orang ditemukan positif Covid-19 saat Tim Yustisi dari Pemkab Kuansing turun melakukan sidak operasi penegakan protokol kesehatan dan penertiban PPKM Level 3 Rabu, 4 Agustus 2021 malam.

Pelanggar prokes tersebut diketahui positif Covid-19 setelah dilakukan rapid swab antigen saat tim turun melakukan giat operasi di sejumlah kedai kopi, kedai nasi goreng dan warnet yang masih buka saat penerapan PPKM level 3.

Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Satpol PP PKP Kuansing, Shanti Evi Dimeti mengatakan, dari hasil operasi tersebut ditemukan sekitar 30 orang dan 4 orang merupakan pengusaha melakukan pelanggaran di saat penerapan PPPK Level 3.

 

"Dari jumlah tersebut ada 21 orang yang kita ambil sampel untuk di tes rapid swab antigen. Hasilnya satu orang positif dan 20 orang lagi hasilnya non reaktif," kata Shanti melalui keterangannya kepada Riau Online, Kamis, 5 Agustus 2021 malam.

Sejumlah tempat usaha yang dilakukan test di antaranya di kedai Teras Kopi Caghonti, Kedai Ridho, Nasi Goreng Ciberlin dan Warnet Squad Gaming di jalan Perintis Kemerdekaan.

 


Sejumlah jenis pelanggaran yang ditemukan di antaranya tidak menyediakan tempat cuci tangan, tidak memakai masker, tidak mengatur jarak pengunjung, tidak memenuhi ketentuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan jam malam.     

"Selain sanksi teguran lisan dan pembubaran, kita juga melakukan rapid swab antigen untuk beberapa pelanggar yang dijadikan sampel," kata Shanti.

Penerapan PPKM Level 3 juga dilakukan penyekatan dibeberapa ruas di kota Teluk Kuantan di antaranya di daerah Simpang Tiga Tugu Pelajar, Simpang Empat Sawah, dan Simpang Bank Mandiri Teluk Kuantan.