Ratusan Drone hingga Helikopter Dikerahkan Basarnas, Amankan Mudik Lebaran

Ilustrasi-drone.jpg
(Aditia Noviansyah/kumparan)

RIAU ONLINE - Pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 turut dilakukan Badan SAR Nasional (Basarnas). Kepala Basarnas Marsdya TNI Kusworo mengatakan telah menyiapkan sejumlah kendaraan dan perlengkapan untuk pengamanan mudik.

Basarnas mengerahkan 120 unit drone thermal, 5 unit helikopter, 81 kapal kelas I-IV dan 164 Rubber Boat Inflatable (RIB) kelas I dan II, serta 622 rubber boat dan 56 Riggid Buoyancy Boat (RBB).

"Basarnas all-out. Basarnas mengerahkan 2.657 personel dari Kantor Pusat Basarnas, 43 Kantor SAR, 77 Pos SAR, dan 83 Unit Siaga yang tersebar di seluruh tanah air," sebut Kusworo dikutip dari kumparan, Rabu, 3 April 2024.


Selain itu kata Kusworo, tim SAR juga akan disiagakan di titik-titik krusial, seperti bandara, pelabuhan, jalan tol, terminal, stasiun kereta api, objek wisata seperti pantai, gunung, dan wahana lainnya, yang rawan dan diprediksi bakal dikunjungi wisatawan.

“Tim SAR harus mengutamakan keselamatan. Safety first, zero accident. Saya juga mendorong instansi terkait bidang keselamatan transportasi untuk memberikan penekanan terhadap operator kapal, pesawat, dan kendaraan untuk mematuhi standard operating procedure (SOP) yang telah ditetapkan," tutur Kusworo.

Dalam Lebaran ini, Basarnas akan bergerak sesuai tugas dan fungsinya, yakni melaksanakan operasi SAR, seperti mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

"Saya juga mengimbau kepada para pemangku kepentingan khususnya pengelola industri pariwisata untuk mengutamakan aspek keselamatan bagi wisatawan,” tutupnya.