Langsung Gas! Ini Daftar Penerima Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Prabowo-dan-Gibran9.jpg
((Instagram))

RIAU ONLINE - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, menyebut program makan siang gratis Prabowo-Gibran akan mulai berjalan pada 2025 mendatang.

Airlangga mengatakan program makan siang gratis akan berjalan, meski pemerintah memprakirakan terjadinya defisit anggaran sekitar 2,4 persen - 2,8 persen.

"Terkait program (makan siang gratis) kita lihat defisit anggaran mencapai 2,4 persen - 2,8 persen, itu untuk program yang menjadi quick win daripada presiden terpilih nanti atau pemerintah mendatang itu pos-posnya sudah bisa masuk," katanya katanya dikutip dari Suara.com, Rabu, 28 Februari 2024.

Ketua Umum Golkar itu mengatakan program makan siang gratis akan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama bakal diberikan kepada balita dan ibu hamil. Kemudian dilanjutkan dengan ke tingkat SMP di daerah dengan tingkat angka stunting tertinggi.


Meski begitu, kata Airlangga, kementerian dan lembaga terkait masih menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan.

"Jumlah penerimanya sudah ada, kita sudah punya angka sebetulnya," kata Airlangga.

Dari data program sebelumnya di Kementerian Kesehatan, jumlah balita mencapai 22,3 juta, anak TK 7,7 juta, SD 28 juta, dan Madrasah hingga SMP 12,5 juta.

Ketum Golkar dua periode itu mengatakan, alasan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) memasukkan program makan siang gratis dalam RAPBN 2025 mendatang agar program Prabowo-Gibran berjalan lancar tahun 2025.