Momen AHY "Anak Baru" di Kabinet Minta Izin Jokowi Lesehan di Istana Negara

AHY-duduk-lesehan-di-istana-negara.jpg
(Suara.com/Novian)

RIAU ONLINE - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjabat Menteri ATR/BPN setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu, 21 Februari 2024. Menariknya, AHY tampak duduk lesehan bersama sejumlah menteri lainnya di Istana Negara usai pelantikan tersebut.

Putra Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu terlihat melipir di karpet merah istana.

Momen AHY lesehan bersama sejumlah menteri itu dilakukan saat sesi foto bersama dengan awak media usai pelantikan.

Selain AHY, Hadi Tjahjanto yang juga usai dilantik sebagai Menko Polhukam turut duduk lesehaan bersama AHY. Mensesneg Pratikno dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga ikut serta.

Sebelum AHY masuk, ketiga menteri sudah duduk lesehan. Sedangkan AHY masih bersama Presiden Jokowi di sisi depan tiga menteri dan awak media.

AHY kemudian menghampiri ketiga menteri dan awak media yang bersiap melakukan sesi foto. AHY bahkan tampak memperlihatkan gestur meminta izin Presiden Jokowi untuk melipir sebentar melakukan sesi foto.


Kepada Jokowi, AHY memberikan gestur salam hormat sembari membungkukkan sedikit tubuhnya, seperti dilansir dari Suara.com.

Selesai sesi foto, menteri-menteri tersebut bersama AHY berjalan ke arah Jokowi. Adapun Jokowi pada akhirnya juga menghampiri awak media yang meminta waktu untuk wawancara usai pelantikan.

Sementara itu, Presiden Jokowi tak ragu menunjuka AHY menduduki kursi Menteri ATR/BPN. Ia menyebutkan sejumlah riwayat pendidikan Agus Harimurti Yudhoyono usai melantik Ketua Umum Partai Demokrat itu menjadi Menteri ATR/BPN.

"Kita tahu beliau ini Ketua Umum Partai Demokrat, pertama. Beliau juga alumni Akademi Militer Akmil. Juga pendidikan di Nanyang University, Harvard University, di Webster Universty," kata Jokowi.

Melihat kiprah dan pengalaman AHY, Jokowi berkeyakinan dirinya tidak salah sudah memilih dan melantik AHY menggantikan Hadi Tjahjanto memimpin Kementerian ATR/BPN.

"Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen, saya kira beliau akan sangat siap," kata Jokowi.

Pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN berbarengan dengan Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).