AHY Sah Jabat Menteri ATR/BPN, Menteri Pertama dari Demokrat di Era Jokowi

Jokowi-lantik-AHY-jadi-Menteri-ATR.jpg
(Foto: kumparan)

RIAU ONLINE - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sah dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN, Rabu, 21 Februari 2024. AHY menggantikan Hadi Tjahjanto yang ditunjuk Jokowi mengisi kekosongan kursi Menko Polhukam.

Pelantikan yang berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, itu dihadiri sejumlah pejabat. Di antaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Ketua Wantimpres Wiranto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkominfo Budi Arie, MenPANRB Azwar Anas, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Wakil Ketua MPR Syarief Hasan, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Pelantikan yang dimulai pukul 11.00 WIB dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, Deputi bidang Administrasi dan Aparatur Setneg membacakan Keputusan Presiden mengenai pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN. Keppres tersebut Keppres Nomor 34/P tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional," kata Deputi bidang Administrasi dan Aparatur Setneg membacakan putusan, Rabu, 21 Februari 2024, dikutip dari kumparan.

Jokowi lantas melantik AHY sebagai Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam. okowi membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti AHY.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata AHY mengikuti Jokowi.


"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut AHY.

AHY kemudian menandatangi Berita Acara Pelantikan dan acara ditutup dengan lagu Indonesia Raya.

Dengan begitu, AHY menjadi menteri pertama dari Partai Demokrat yang dilantik oleh Presiden Jokowi. Selama hampir 10 tahun pemerintahan Jokowi, Demokrat selalu menjadi oposisi.

AHY sebelum terjun ke politik, merupakan seorang perwira militer dengan pangkat terakhir Mayor Inf. AHY kemudian mundur dari TNI pada 2017, lalu terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI berpasangan dengan Sylviana Murni.

Putra dari Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), itu melanjutkan karier politiknya setelah kalah di Pilgub DKI.

Nama AHY kian cemerlang di kancah politik usai ditunjuk sebagai Ketua Umum Demokrat menggantikan sang ayah, SBY.

Kini, AHY resmi menduduki kursi Menteri ATR/BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang menjabat Menko Polhukam.