Jepang Diguncang Gempa 7,4 M dengan Peringatan Tsunami, Kemlu Cek Kondisi WNI

Gempa-di-jepang.jpg
(Foto: Kyodo/via REUTERS via kumparan)

RIAU ONLINE - Jepang diguncang gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo, disertai peringatan tsunami, Senin 1 Januari 2024.

Gempa dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita. Sejumlah wilayah di telah mengalami gelombang tsunami.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha, mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan KJRI Tokyo dan KBRI Osaka untuk mengetahui dampak gempa dan tsunami.


"KBRI dan KJRI tengah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan simpul masyarakat Indonesia. Sistem lapor diri KBRI Tokyo mencatat terdapat 1.315 WNI yang menetap di Prefektur Ishikawa," kata Judha dalam keterangannya, dikutip dari kumparan.

Sementara kata Judha, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat WNI agar tetap mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan dan tsunami.

WNI yang berada di lokasi terdampak diimbau pula untuk memantau informasi dan arahan dari otorita setempat.

"Peringatan tsunami di sepanjang pesisir barat Jepang masih belum dicabut hingga malam hari ini waktu Jepang," ungkapnya.