Ada Mayor Teddy di Barisan Pendukung Prabowo-Gibran saat Debat Capres, Pelanggaran?

Mayor-Teddy-di-barisan-pendukung-prabowo.jpg
(Foto: kumparan)

RIAU ONLINE - Hadirnya Mayor Teddy Indra Wijaya dalam barisan pendukung Prabowo-Gibran saat debat capres perdana pada Selasa, 12 Desember 2023 menjadi sorotan publik. Pasalnya, Mayor Teddy merupakan TNI aktif.

Menanggapi polemik ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Pemilu) melakukan pembahasan internal untuk kehadiran Mayor Teddy yang menggunakan baju biru khas kubu 02.

“Saat ini kami sedang melakukan pembahasan di internal kami karena memang banyak hal ya, masyarakat juga sudah nge-tag ke Bawaslu, kami juga sudah coba melihat dari kacamata Undang-Undang 7 (UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu), juga kacamata undang-undang hukum lainnya,” kata Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty, dikutip dari kumparan, Senin, 18 Desember 2023.

Bawaslu menegaskan TNI-Polri harus menjaga netralitas sebagaimana diatur dalam UU Pemilu maupun UU Polri dan TNI.

“Dalam konteks ini nanti kita akan sampaikan, karena kajian sedang kami lakukan, jadi sabar, nanti kita sampaikan,” ujar Lolly.

Bawaslu akan segera mengambil tindakan dari hasil proses kajian tersebut. Rencananya akan diumumkan pekan ini.

“Di Twitter sangat ramai, kami pun mencoba menggali informasi, saat ini sedang dilakukan penelusuran, artinya penelusuran itu kan kami sedang mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, sebelum kemudian kami lakukan kajian berkenaan dengan itu,” ujar Lolly.

“Karena ini juga prosesnya masih berjalan, maka kami targetkan pekan depan kami sudah bisa menyampaikan ke publik,” tambah dia.


Sementara Bawaslu belum bisa memastikan sanksi yang bakal diterapkan jika terbukti sebagai pelanggaran. Namun, Mayor Teddy diduga berpotensi melakukan pelanggaran.

"Potensi dugaan pelanggaran tentu kami harus menyatakan berpotensi terjadi dugaan pelanggaran, tapi hasilnya seperti apa masih dalam kajian Bawaslu," kata Lolly.

Sementara itu, Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono, sebelumnya mengatakan Mayor Teddy berada di panggung debat tersebut bukan dalam rangka mendukung paslon tertentu, melainkan menjalankan tugas sebagai ajudan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

"Dia hanya ajudan yang mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi," kata Julius, Minggu, 17 Desember 2023.

Prabowo Subianto maju sebagai capres tanpa mundur dari jabatannya sebagai Menhan. Ketua Umum Partai Gerindra itu memilih untuk cuti setiap melakukan kegiatan politik atau berkampanye.

Soal pakaian Teddy yang sama dengan pendukung Prabowo-Gibran, Julius punya jawaban sendiri.

"Kalau misalkan dia pakai seragam TNI apa yang terjadi?" ujar Julius.

Julius memastikan Teddy hadir di KPU malam itu bukan untuk berpolitik.

"Seperti saya tulis di atas, kehadirannya tidak mewakili institusi TNI atau pribadi yang ikut berpolitik, yang bersangkutan hanya memposisikan dirinya sebagai ajudan, tidak lebih," pungkasnya.