Jadi Juara MasterChef Indonesia, Kemenangan Belinda Christina Dipertanyakan!

Belinda-Christina.jpg
((Instagram/@belinda.mci11))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Belinda Christina mengalahkan Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki dan dinobatkan sebagai juara MasterChef Indonesia season 11 dalam tayangan acara pada Minggu (26/11/2023) di RCTI.

Namun kredibilitas juri MasterChef Indonesia jadi dipertanyakan setelah poin hasil penilaian mereka memenangkan Belinda Christina. Juri MasterChef Indonesia season 3 di antaranya Chef Juna, Chef Renatta, dan Chef Arnold.

Nama Kiki bahkan sampai jadi trending Twitter atau X. Dugaan Belinda Christina menang karena statusnya sebagai lulusan Le Cordon Bleu New Zealand pun menjadi salah satu yang paling banyak dibicarakan warganet.

Penasaran seperti apa sosok Belinda Christina sebenarnya? Simak profil lengkap Belinda Christina berikut ini.

1. Biodata Belinda Christina

Belinda Christina Sianto merupakan juara MasterChef Indonesia Season 11 yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 22 September 2000. Belinda merupakan anak bungsu dari pasangan Samuel Sianto dan Ngirana Prima Wati.

Belinda Christina sebenarnya punya lima kakak, tetapi tiga di antaranya meninggal dunia saat kecil. Dua kakak Belinda yang lain masing-masing bernama Yoel Octafian Sianto dan Yulia Evangelista Sianto.


Diketahui dari Instagram pribadinya, Belinda Christina telah memiliki kekasih bernama Alvin Limy. Potret mesra kerap dibagikan mereka sejak 2022.

2. Agama Belinda Christina

Belinda Christina ternyata anak seorang pendeta. Selain itu, nama Belinda Christina juga menguatkan apabila agama yang diyakininya adalah Kristen.

Melalui akun Instagram pribadinya, ayah Belinda Christina memperkenalkan dirinya sebagai Pdt. Samuel Sianto dari Bethany Yestoya, Malang, Jawa Timur. Ayah Belinda menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Teologi Yestoya.

Begitu pula Yoel Samuel Sianto kakak Belinda Christina yang menyebut dirinya sebagai The Next Generation Preacher (Pengkhotbah Generasi Berikutnya) di bio Instagram. Kakak Belinda diyakini akan menjadi pendeta seperti sang ayah.

3. Perjalanan Karier Belinda Christina

Sebelum mengikuti kompetisi MasterChef Indonesia season 11, Belinda Christina menyelesaikan pendidikannya di Le Cordon Bleu New Zealand. Belinda wisuda pada 28 Maret 2019 dengan gelar Diplôme de Cuisine.

Saat audisi, Belinda Christina berhasil lolos ke babak Boot Camp atas persetujuan Chef Juna dan Chef Arnold selaku juri MasterChef Indonesia season 11 setelah menyajikan Thai Duck Red Curry.

Belinda Christina kemudian menjadi salah satu peserta yang berkompetisi di galeri MasterChef Indonesia karena keberhasilannya memasak makanan dengan bahan dasar daging sapi nebraska dalam waktu 60 menit di babak Elimination Test.

Belinda Christina terus melaju hingga berhasil sampai di babak Grand Final MasterChef Indonesia season 11. Tiga ronde di Grand Final menjadikan Belinda sebagai juara dengan skor 1867, hanya selisih 10 poin lebih unggul dengan Kiki sang pesaing.

Sayangnya kemenangan Belinda Christina jadi kontroversi. Salah satunya karena Belinda kedapatan tidak bisa memotong daging lamb atau domba hingga dibantu Kiki di babak Grand Final dikutip dari suara.com

Itu dia profil lengkap Belinda Christina juara MasterChef Indonesia season 11 yang kemenangannya menuai kontroversi. Bagaimana pendapatmu?