2 Pesawat Tempur TNI AU Jatuh, 2 Orang Dilaporkan Tewas

Pesawat-TNI-AU-jatuh2.jpg
(Foto: Dok. Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE - Dua pesawat tempur TNI AU jatuh di sekitar dataran tinggi Gunung Bromo, Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur, Kamis, 16 November 2023. Dua orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan tersebut.

Dhany, Sekretaris Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, yang wilayahnya menjadi jalur proses evakuasi pesawat, mengungkap bahwa dua pesawat tersebut jatuh di lokasi berbeda dengan jarak yang sangat jauh.

"Yang satu pesawat jatuh di sekitaran area Perhutani blok Watu Gedek, masuk Kecamatan Lumbang. Tapi akses terdekat ke TKP dari Dusun Keduwung Atas," kata Dhany, dikutip dari kumparan.

"Untuk pesawat satunya jatuh di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), masuk Kabupaten Probolinggo, sekitar Gunung Kundi," imbuhnya.


Menurut Dhany, pesawat TNI yang jatuh dan terekam meledak berada di area Perhutani. Ia menyebut dua orang di dalam pesawat tersebut tewas.

"Dua orang yang ada di pesawat itu tewas, yang jatuh di wilayah Perhutani," ungkap Dhany.

Namun, Dhany belum bisa menjelaskan kondisi pesawat satunya yang jatuh berada di area TNBTS maupun awak atau penumpangnya.

"Kita fokus di sini dulu yang terdekat, yang di Gunung Kundi sangat jauh," ujarnya.

Warga Dusun Keduwung Atas bernama Ponito juga mengatakan hal serupa. Jatuhnya dua pesawat itu di lokasi yang berbeda.

"Ya, yang 1 pesawat di blok Watu Gedek. Yang 1 di Gunung Kundi Probolinggo," ujarnya.