Menteri PUPR Menangis di Pelukan Erat Ganjar Pranowo, Ada Apa?

Pak-Bas-dan-ganjar-pelukan.jpg
(istimewa/foto dok. Ganjar)

RIAU ONLINE - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menangis dalam pelukan bakal calon presiden Ganjar Pranowo dalam pertemuan beberapa waktu lalu.

Menteri yang kerap disapa Pak Bas ini sempat menangis saat bercerita dengan Ganjar. Ada apa di balik tangisan Pak Bas di pelukan Ganjar?

Ganjar mengatakan Basuki memang sempat meneteskan air mata saat bertemu di acara makan siang bersama Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023 lalu. Ia mengaku kaget dengan reaksi Basuki saat itu.

"Saya juga kaget, sebab waktu peluk saya beliau meneteskan air mata dan saya dipeluk kencang sekali," kata Ganjar yang ditemui usai acara, dikutip dari Suara.com, Rabu 1 November 2023.

Saat itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyampaikan kepada Basuki bahwa ia hanya ingin berkonsultasi soal infrastruktur.

"Ya saya temenan sama beliau, saya tanyakan banyak hal terkait politik infrastruktur, ngaji sama beliau," ungkap Ganjar.

Ganjar menilai mungkin saja tangisan Pak Bas itu dikarenakan rindu lantaran sudah lama tidak bertemu.


"Nggak tahu, kangen mungkin," tuturnya.

Sebelumnya, momen pertemuan itu telah diunggah oleh Ganjar di akun X pada Minggu 29 Oktober 2023.

Dalam dua foto yang diunggah nampak ekspresi wajah Pak Bas sedang sedih, sedangkan Ganjar membalasnya dengan senyum lebar.

Pak Bas tampak erat sekali memeluk Ganjar ketika itu. Ekspresi itu kemudian menarik perhatian publik terkait cerita di baliknya. Ganjar berprasangka bahwa itu hanya rasa rindu seorang sahabat yang telah lama tidak bertemu.

"Saling merindu dan akan selalu berjalan bersama," tulis Ganjar pada unggahannya.

Selain itu, ada sebuah foto yang diunggah akun X @Miduk17 memperlihatkan saat tangan kiri Pak Bas memegang tangan kanan Ganjar seolah sedang memberikan nasihat. Ia merasa terenyuh melihat foto tersebut. Menurutnya ada suatu masalah besar yang membuat Menteri PUPR itu hingga meneteskan air matanya.

Dalam foto yang diunggahnya itu terlihat Ganjar berusaha tegar dan tetap memberikan semangat kepada Basuki. Banyak pula netizen yang akhirnya ikut mengomentari momen tersebut.

"Pak Bas walaupun foto ini tidak dapat berbicara tapi menunjukkan arti yang sangat dalam," tulis @PandamPamungkas.

"Waduh, Pak Bas sampe segitu sedihnya semoga selalu sehat pak," sahut @mirmirama.