Anies Mau Datang, Bendera PKS dan NasDem di Bukittinggi Dicopot

petugas-copot-bendera-nasdem.jpg
(Foto: Dok. Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE - Bendera Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem di Kota Bukittingi, Sumatera Barat (Sumbar) dicopot pada Rabu 1 November 2023. Satpol PP Bukittinggi mencopot alat peraga kampanye tersebut menjelang kedatangan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Anies dijadwalkan ke Bukittinggi dalam rangkaian kunjungan ke Sumbar selama dua hari. Selain menikmati keindahan kota dan menyapa warga, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan berkunjung ke Museum Bung Hatta.

Pencopotan bendera PKS dan NasDem itu viral di media sosial. Video yang beredar memperlihatkan petugas mencopot alat peraga kampanye itu, lalu menaikkannya ke truk. Bendera-bendera partai itu sebelumnya terpancang di taman.

Menurut Kepala Satpol PP Bukittinggi, Jono Feri, alat peraga kampanye itu ditertibkan sesuai Perda 03 tahun 2015 tentang trantibum pasal 11 huruf c.

“Yang berbunyi setiap orang atau badan dilarang memasang, menempelkan, menggantungkan benda-benda apa pun di pohon, di jalur hijau, taman dan tempat umum tanpa izin dari wali kota atau pejabat yang ditunjuk,” kata Joni, dikutip dari kumparan, Rabu 1 November 2023.


Joni menegaskan penertiban alat peraga kampanye tidak ada kaitannya dengan kedatangan Anies ke Kota Bukittinggi.

“Tidak ada kaitannya betul sekali. (Penertiban dilakukan) seputaran kota fasum lebih banyak di taman-taman kota,” imbuhnya.

Ia menambahkan, penertiban tidak hanya dilakukan terhadap bendera partai seperti dalam video yang beredar. Namun, semua yang termasuk yang dilarang di dalam aturan perda.

“Semua sesuai yang tertera di pasal 11 huruf c yang tidak memiliki izin,” tegasnya.

Sementara itu, Anies Baswedan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, pada pukul 16.30 WIB hari ini.

Dalam lawatannya hari pertama, mantan Gubernur DKI Jakarta ini diagendakan berziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman. Syekh Burhanuddin adalah ulama yang berpengaruh di Minangkabau, ia merupakan ulama sufi pengamal Tarekat Syattariyah. Kemudian dilanjutkan ke Kota Bukittinggi.

Menurut Ketua DPW NasDem Sumbar, Fadly Amran, Anies di Kota Bukittinggi pada malam harinya akan menikmati kuliner khas Sumbar yakni teh talua.

“Kita akan cari tempat atau spot minum teh talua paling enak di Kota Bukittinggi dan tentunya menikmati suasana Bukittinggi di malam hari dan menikmati view indah dari Jam Gadang," ujar Fadly.