"Teman jadi Lawan", Ciutan Puan Maharani Jelang Prabowo Deklarasikan Gibran Cawapres

Puan-Maharani10.jpg
(Foto: Dok. Twitter @puanmaharani_ri)

RIAU ONLINE - Probowo Subianto menggemparkan panggung politik Indonesia setelah resmi mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres untuk melenggang ke Pilpres 2024 pada Minggu, 22 Oktober 2023. Pengumuman itu pun direspon kubu PDIP di hari yang sama.

Satu di antaranya Puan Maharani lewat cuitannya di akun X, sebelumnya Twitter, yang terverifikasi, saat jelang nama Gibran diumumkan sebagai cawapres. Puan membagikan sejumlah potret saat menghadiri konsolidasi relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Surabaya, 21 Oktober 2023.

Puan Maharani dengan foto itu mengenang perkataan sang kakek yang juga Bapak Proklamator Indonesia, Bung Karno, soal Vivere Pericoloso. Artinya, tahun yang menyerempet bahaya karena rasa persaudaraan suatu bangsa diuji.

“Kalau kata Bung Karno, tahun 2023 ini ‘Vivere Pericoloso’ artinya tahun yang menyerempet bahaya. Tahun di mana bangsa kita diuji persaudaraan dan rasa kebangsaannya,” cuitnya merespons panasnya isu capres dan cawapres jelang pesta demokrasi tahun depan, dikutip dari Liputan6.com, Senin, 23 Oktober 2023.

Tampaknya, Puan Maharani mengamini bahwa suhu politik bergerak dinamis. Tanpa menyebut nama, ia mengingatkan, yang dulu kawan bisa jadi lawan. Populasi lawan kini bertambah banyak.


“Teman jadi lawan, dan lawan tambah banyak. Teman, saudara dan keluarga yang selama ini bersama kita, kok bisa nggak bersama kita lagi?” ungkap Puan Maharani dalam utas di Twitter/ X.

Meski begitu, Puan mengajak relawan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur untuk berpikir jernih di tengah memanasnya suhu politik. Ia pun mengajak para relawan optimis menatap tahun 2024.

"Di acara konsolidasi relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD se-Jawa Timur kemarin di Surabaya, saya meminta semua bergerak dengan pikiran jernih dan penuh keyakinan bahwa apa yang kita perjuangkan semua ini untuk Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Puan menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang merestui Gibran menjadi cawapres. Menurutnya, pernyataan itu adalah restu orang tua kepada anak.

"Ya pastinya kalau seorang Bapak akan mendukung anaknya, yang terbaik untuk anaknya,” ujar Puan Maharani setelah menghadiri Apel Hari Santri, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Sabtu, 21 Oktober 2023.