Respons AHY Soal Duet Ganjar-Prabowo di Pilpres 2024: Kemungkinan Itu Bisa

Prabowo-dan-AHY.jpg
([ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Wacana duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bergabung demi membentuk dua poros koalisi dalam Pilpres 2024. terus menggema.

Ketum DemokratMenurut AHY, wacana itu hanya bersifat kemungkinan-kemungkinan semata. Ia enggan berkomentar lebih banyak terkait hal tersebut.

"Kemungkinan-kemungkinan itu memang bisa banyak sekali, tetapi saya tidak ingin mengomentari terlalu jauh," kata AHY di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat dikutip Suara.com, Jumat (22/9/2023).

AHY mengatakan Demokrat kini ingin fokus bekerja sama dengan partai politik lain yang ada di Koalisi Indonesia Maju.

"Kami hanya ingin fokus, pertama Koalisi Indonesia Maju ini bisa semakin kompak dan solid," ucap AHY.

AHY menuturkan Koalisi Indonesia Maju juga sedang berfokus untuk menggodok bakal calon presiden (capres) Prabowo.

"Lalu tim pemenangannya bagaimana, tim strateginya bagaimana dan seterusnya," jelas dia.

PDIP Buka Peluang


Sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP) tidak menutup kemungkinan untuk wacana duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Menurut Ketua DPP PDIP Puan Maharani memandang dinamika politik ke depan membuat semua peluang serba memungkinkan.

"Apakah ada kemungkinan? Ya mungkin-mungkin saja dinamika yang ada di politik ini selalu memungkinkan kita untuk bersilaturahmi dan bertemu dengan sesama anak bangsa," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Menurut Ketua DPR RI ini kesepakatan bisa saja terbentuk bila memang ada tujuan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Respons Ganjar

Ganjar menegaskan bahwa segala peluang masih bisa terjadi sebelum pendaftaran Pilpres 2024 dibuka.

Hal itu diutarakan Ganjar saat ditanya mengenai peluangnya berduet dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 bila nantinya diikuti dua pasangan calon saja.

"Kalau politik itu sebelum nanti ditetapkan di KPU, semua peluang bisa terjadi," kata Ganjar ditemui usai rapat bersama parpol pengusung dan timses di Gedung High End MNC, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2023).

Tanggapan Prabowo

Prabowo turut menanggapi terkait peluang dua poros koalisi yang belakangan sedang hangat jadi perbincangan. Dia hanya berbicara mengenai kerukunan hidup bernegara.

"Yang kita dambakan adalah selalu persatuan, kerukunan. Apapun yang terjadi kita harus rukun, harus sejuk. Apapun yang diberikan mandat oleh rakyat kita hormati," kata Prabowo usai hadir di Rapimnas Demokrat di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023) malam.

Prabowo menyampaikan tentang keinginan rakyat, yaitu melihat pemimpinnya rukun serta damai dikutip dari suara.com