FIFA Sawer PSSI Rp 85,6 Miliar, Erick Thohir Bangun Training Center di IKN

Erick-Thohir16.jpg
((ANTARA/Andi Firdaus))

RIAU ONLINE, JAKARTA-FIFA menghibahkan dana mencapai Rp85,6 miliar untuk pembangunan training center Indonesia. Ketum PSSI, Erick Thohir mengatakan kepercayaan dari FIFA harus dibayar dengan sebaik-baiknya.

Hal itu disampaikan Erick Thohir saat groundbreaking national training center (TC) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (22/9/2023). Eks presiden Inter Milan itu menyebut dana dari program FIFA Forward bakal dipakai untuk pembangunan tahap awal yakni dua lapangan, tempat penginapan pemain dan pelatih, serta ruang ganti.

"Ini pertama kali sebagai FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," kata Erick Thohir dalam keterangan resminya, Jumat (22/9/2023).

Erick Thohir mengatakan pembangunan TC seluas 34,5 hektar ini juga mendapatkan dukungan penuh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Adapun Kementerian PUPR akan membantu dari segi infrastruktur pendukung dan pembebasan lahan senilai Rp90 miliar melalui APBN.


Nantinya, untuk pembangunan TC tahap kedua akan dibuat beberapa fasilitas diantaranya lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

"Pusat latihan ini akan dilengkapi asrama, dengan lingkungan sangat indah dan cantik sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah dan jauh dari keramaian," jelasnya.

"Tidak seperti di Jakarta, pagi latihan, malamnya tidak latihan. Kalau di sini enggak, kalau malam tetap latihan," sambung lelaki yang juga menteri BUMN tersebut.

Lebih lanjut, Erick Thohir berterima kasih kepada FIFA yang mendukung penuh Transformasi sepakbola Indonesia. Terlebih, ini menjadi bagian dari dukungan pembangunan IKN.

"Ini saya rasa simbol bahwa dunia internasional, dalam hal ini FIFA percaya bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara benar-benar nyata dan ini adalah hal yang tentu positif," pungkasnya dikutip dari suara.com