Tahukah Kamu? 5 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Penyaring Udara Alami

Tanaman-hias-di-Pekanbaru.jpg
(Abimasarmansyah/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tanaman hias bukan sekedar dekorasi menambah keindahan dan estetika rumah, lebih dari itu sejumlah tanaman hias ternyata berfungsi sebagai penyaring udara dari berbagai unsur tak baik pada udara, seperti polutan.

Apalagi saat ini beberapa daerah di Indonesia, sedang dilanda polusi udara. Jadi, tidak heran jika sejumlah tanaman-tanaman hias mulai banyak dicari sebagai penyaring udara alami.

Suwarno, pedagang tanaman hias di Jalan Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, menyebut tanaman hias yang bisa menjadi penyaring udara alami dapat didapatkan dengan mudah dan harganya relatif murah.

“Bunga penyaring udara yang bagus banyak, salah satunya sansevieria atau lidah mertua ini, harganya bunga penyaring udara tidak mahal, kisaran Rp 35 ribu sampai Rp 75 ribu, tergantung ukuran, untuk mendapatkannya mudah”. Ungkap Suwarno.

Riau Online sudah merangkum beberapa tanaman hias yang berfungsi sebagai penyaring udara alami:

1. Lidah Mertua

Lidah mertua yang memiliki nama latin Sansevieria trifasciata. Tanaman yang dikenal juga dengan sebutan Snake Plants ini merupakan tanaman asli Asia dan Afrika. Ciri fisik daunnya berbentuk memanjang hijau yang tumbuh tegak dan pada pinggirannya berwarna kuning. 

Lidah mertua termasuk tanaman yang mudah untuk dirawat. Tidak memerlukan ruang yang banyak, bisa ditanam dalam pot dan hanya membutuhkan air. Penyiraman air tidak perlu setiap hari, secukupnya saja.


2. Janda Bolong

Janda bolong memiliki nama latin Monstera Adansonii dan Monstera Obliqua. Tanaman ini yang sangat populer pada masa pandemi Covid-19 kemarin. Memiliki ciri fisik daun lebar berbentuk hati dengan banyak lubang di sepanjang garis tengahnya. Jumlah lubang pada daun bervariasi dan berkaitan pada umur tanaman.

3. Pohon Sri Rejeki

Pohon Sri Rejeki memiliki nama latin Aglaonema. Tanaman yang sudah digemari sejak dahulu ini memiliki ciri fisik bentuk daun oval besar dan mengkilap dengan batangnya yang berukuran pendek. Memiliki daya tahan yang baik mampu bertahan di ruangan yang gelap.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki nama latin Aloevera. Siapa yang tidak tahu dengan tanaman satu ini. Tanaman ini kaya akan manfaat. Kerap dijadikan skincare hingga hair care. Tapi ternyata mampu menjadi penyaring udara. Ciri fisik daunnya tebal, tidak bertulang, pinggirannya berduri, dan apabila dibedah terdapat lendir atau gel di dalam daunnya.

5. Peace Lily

Peace Lily memiliki nama latin Spathiphyllum SP dan berasal dari famili araceae. Memiliki ciri fisik daun berwarna hijau dan cukup banyak, bunganya berwarna putih.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE