Mantan Jaksa Agung Ini Jadi Dewan Pengarah Hukum Tim Pemenangan AMIN

Anies-Muhaimin2.jpg
([@cakimiNOW])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Mantan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo ditunjuk menjadi Dewan Pengarah Tim Hukum dalam tim pemenangan AMIN.

Koalisi Perubahan membentuk Tim Pemenangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) dalam rangka persiapan Pilpres 2024 mendatang.

"Sore setelah sore kita rapat dengan tim hukum itu, ada beberapa nama besar yang akan jadi penasihat hukum, di antaranya Prasetyo mantan Jaksa Agung beliau dia akan menjadi dewan pengarah kita," kata Sekjen NasDem, Hermawi Taslim, di kantor DPP PKB, Rabu (13/9).

Selain Prasetyo, ada pula mantan Jamintel Edwin Pamimpin Situmorang di tim tersebut.

"Ada Edwin Pamimpin Situmorang," kata Taslim.


"Ada banyak juga, ada beberapa nama tapi kalau itu sudah confirm, mereka sudah confirm menjadi dewan pengarah tim hukum kita," ucap Taslim.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berpose di bawah tiang sejarah perobekan bendera merah putih di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan

Selain dua nama itu, banyak pihak lain juga yang akan dilibatkan dalam tim hukum. Tim hukum ini akan bertugas untuk mengawal pasangan Anies-Imin mulai dari pendaftaran hingga jika ada sengketa hasil pemilu di MK.

“Tim hukum dan advokasi, timnas yang tadi, nanti biasanya kalo pengalaman-pengalaman sebelumnya dari situ kita akan pilih beberapa puluh untuk persiapan menghadapi MK, jadi tim-tim hukum ini komprehensif, sekaligus kita mau menunjukkan kesiapan kita untuk membackup paslon kita ini dalam segala hal,” pungkasnya.

Siapa M Prasetyo?
Prasetyo merupakan jaksa karier sebelum akhirnya memutuskan terjun ke dunia politik setelah pensiun.
Dia tercatat banyak menempati posisi strategis di Kejaksaan. Seperti pernah menjabat sebagai Inspektur Kepegawaian dan Tugas Umum Pengawasan Kejaksaan Agung RI (2000 - 2003); Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Kejaksaan Agung RI (2003 - 2005); Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung RI (2005 - 2006); Direktur Upaya Hukum Eksekusi dan Eksaminasi Kejaksaan Agung RI (2005 - 2006).

Prasetyo kemudian pernah menjabat sebagai Anggota Mahkamah Partai NasDem (2013 - 2014). Dia pernah ikut dalam pileg, dan terpilih sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem periode 2014-2019.

Di tahun yang sama, dia diangkat sebagai Jaksa Agung oleh Presiden Jokowi. Prasetyo menjabat pada 2014 - 2019 dikutip dari kumparan.com