Ganjar Pranowo Disebut Keturunan Raden Mas Syahid Walisongo atau Sunan Kalijaga

Ganjar-Pranowo31.jpg
((instagram/@alamganjar))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Silsilah keluarga Capres PDIP, Ganjar Pranowo mencuri perhatian warganet usai namanya santer dikabarkan akan maju sebagai bakal Capres di Pilpres 2024.

Belakangan ini ramai diperbincangankan bahwa Ganjar Pranowo akan maju di Pilpres 2024 sebagai bakal calon presiden dari PDI Perjuangan. Sebelumnya, Ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah yang masa jabatannya telah habis 5 September kemarin.

Seiring namanya yang tengah naik daun, publik pun dibuat penasaran akan silsilah keluarga Ganjar Pranowo. Nah untuk mengetahui silsilah keluarganya, simak berikut ini ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Silsilah Keluarga Ganjar Pranowo

Mungkin banyak publik yang belum mengetahui bahwa Ganjar Pranowo mempunyai garis keturunan Raden Mas Syahid Walisongo atau yang dikenal dengan Sunan Kalijaga.

Diketahui bahwa Ganjar Pranowo ada keturunan Sunan Kalijaga ini diperoleh dari ayahnya, tepatnya dari buyutnya yakni Danu Wijoyo. Dano Wijoyo ini mempunyai anak yaitu Mangku Wirono yang merupakan kakek Ganjar.


Ayah Ganjar sendiri bernama Pramduji Wiryo yang diketahui berprofesi sebagai polisi berpangkat sersan. Ayah adalah mantan kapolsek yang memberantas gerakan pemberontakan di kawasan Sumatera.

Sedangkan ibu Ganjar diketahui bernama Sri Suparni. Perlu diketahui juga bahwa Ganjar Pranowo ini sebelumnya diberi nama Ganjar Sungkowo oleh kedua orangtuanya.

Namun karena Sungkowo memiliki makna kesedihan, orang tuanya pun kemudian mengganti namanya menjadi Ganjar Pranowo saat memasuki masa sekolah dengan harapan sang anak terhindar dari kesedihan maupun kesulitan.

Ganjar Pranowo memiliki istri bernama Siti Atikoh Suriyanti. Mungkin juga masih ada sejumlah orang yang belum tahu bahwa istriinya ini adalah cucu dari tokoh NU (Nahdlatul Ulama) Purbalingga.

Kakek istrinya juga merupakan ulama tersohor, pengasuh pondok pesantren dan seorang veteran pejuang Kemerdakaan di Purbalingga yang diketahui bernama Kh. Hisyam Abdul Karim.

Selain itu, keluarga dari istri Ganjar juga banyak yang aktif di organisasi Islam. Salah satunya kakak Siti Atikoh yang bernama Hj. Nuru Hidayah yang diketahui menjadi pengurus DPW PPP Jateng.


Pernikahan Ganjar dan Atikoh Suriyanti ini dikaruniai seorang anak bernama Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Anaknya Ganjar ini pernah meraih medali emas pada tahun 2015 di ajang kompetisi sains yang berlangsung di Korea Selatan dikutip dari suara.com

Demikian ulasan mengenai silsilah keluarga Ganjar Pronowo yang belakangan ini namanya sedang ramai diperbincangkan karena disebutkan akan maju sebagai bakal Capres 2024. Semoga informasi ini bermanfaat!