Bukit Teletubbies Bromo Terbakar Gegara Ulah Pasangan Prewedding

Bukit-teletubbies-terbakar.jpg
(Foto: HO-BB TNBTS/Antara)

RIAU ONLINE - Bukit Teletubbies Kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, terbakar pada Kamis, 7 September 2023. Bukan karena faktor alam, tetapi ulah pengunjung. Rombongan pengunjung atau wisatawan menggunakan suara atau flare saat hendak melakukan foto prewedding.

Kebakaran lahan yang terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) itu terekam kamera ponsel milik warga sekitar.

Pihak TNBTS telah mengamankan enam orang, kemudian dibawa ke Polsek Sukapura.

Dalam video berdurasi 14 detik, tampak sejumlah orang laki-laki dan perempuan membawa peralatan seperti tripod dan kamera. Di belakang, terlihat api yang makin membesar, tepatnya di sekitar Padang Savana atau Bukit Teletubbies.


"Ini dia orang-orang yang membuat kebakaran, masih santai-santai. Nah, ini santai banget dong mereka, wah gak bertanggung jawab nih orang," ujar suara perempuan di dalam video yang viral, dikutip dari kumparan.

Video lainnya menunjukkan api besar menjalar hingga di sekitar Bukit Teletubbies.

"Iki gegara prewed-mu iki, bengi-bengi nang Bromo, ancene arek a*u (Ini gara-gara prewedding-mu ini, malam-malam ke Bromo. Memang anak an**ng)," terdengar suara laki-laki dalam video itu.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana, melalui Kanit Pidum Satreskrim Polres Probolinggo, Aipda Eko Apriyanto, telah membenarkan kebakaran di kawasan Gunung Bromo tersebut.

"Benar, ada 6 orang yang diamankan dan sempat dibawa ke Polsek Sukapura. Sekarang masih dalam perjalanan menuju polres. Informasi sementara, kebakaran dikarenakan 6 pengunjung ini menyalakan blue fire," kata mantan Kanitreskrim Polsek Leces itu.