Menegangkan, Penumpang Bergantungan di Crane saat KM Mutiara Berkah I Terbakar

KM-Mutiara-Berkah-I.jpg
(Usman Temposo/BantenNews.co.id)

RIAU ONLINE, CILEGON-Kapal Motor Mutiara Berkah I mengalami kebakaran di Pelabuhan Indah Kiat Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu (6/9/2023) siang. Kabar KM Mutiara Berkah I terbakar awalnya beredar di media sosial.

Video yang memperlihatkan KM Mutiara Berkah I terbakar itu memperlihatkan sebuah kapal bertuliskan Ferry City Line terbakar di bagian buritan kapal.

“Hari Rabu siang ini. Astagfirullah,” ujar suara pria yang merekam video viral dikutip Moots.suara.com dari Suarabanten.id.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Cilegon, Ahmad Jubaedi mengatakan saat ini petugas masih melakukan pemadam api dan mengevakuasi penumpang KM Mutiara Berkah I .

Kata Jubaedi, ia mendapatkan informasi adanya kebakaran KM Mutiara Berkah I pada Rabu (6/9/2023) siang.


“Kami langsung mengerahkan tim ke lokasi,” terang Jubaedi.

Untuk membantu memadamkan api, pihaknya mengerahkan tiga unit kendaraan pemadam kebakaran.

Evakusi Penumpang KM Mutiara Berkah I Terbakar Dramatis

Evakuasi penumpang KM Mutiara Berkah I itu berlangsung dramatis karena dilakukan menggunakan crane.

Penumpang diminta menyelamatkan diri dengan berjalan di belalai crane dari atas ketinggian kapal. Hal tersebut diketahui melalui video evakuasi yang beredar di media sosial.

Sementara itu, Kapolres Cilegon, AKP Eko Tjahyo Untoro mengungkapkan, sebanyak 158 penumpang KM Mutiara Berkah I berhasil dievakuasi petugas dan beberapa dilarikan ke rumah sakit.

“Alhamdulillah seluruh penumpang selamat. Penumpang ada 158 orang, lima diantaranya dilarikan ke rumah sakit,” ujar Kapolres Cilegon dikutip dari suara.com