Cekoki Soju ke Kucing, 3 Perempuan di Padang Jadi Tersangka

3-perempuan-siksa-kucing.jpg
((Instagram @/camerapenjurunews))

RIAU ONLINE - Tiga perempuan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), yang mencekoki minuman keras, berupa soju ke kucing ditetapkan sebagai tersangka. Ketiganya ditetapkan menjadi tersangka setelah penyidik Polresta Padang melakukan pemeriksaan sejak Senin malam hingga Selasa, 5 September 2023, pagi.

Namun, tiga tersangka, Syinta Ade Putri (24 tahun), Lenni Marlina (25), dan Sisri Annisa Wahida (22), tidak ditahan pihak kepolisian.

“Enggak ditahan. Karena hanya tipiring (tindak pidana ringan). Semuanya sudah kami lakukan pemeriksaan terhadap saksi dan ketiga pelaku. Pemeriksaan pagi ini selesai semuanya,” ujar Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Ardiansyah Putra, dikutip dari kumparan.

Dedy mengatakan berkas perkara ketiga tersangka sudah dinyatakan lengkap. Pihaknya hari ini akan mendaftarkan ke Pengadilan Negeri Padang untuk segera dilakukan sidang tipiring.

“Alhamdulillah hari ini berkas sudah selesai dan bisa kami daftarkan ke Pengadilan Negeri Padang. Kemungkinan hari Kamis sudah bisa sidang,” katanya.


Ketiga tersangka dikenakan pasal 302 KUHP yang mengatur bahwa seseorang yang melakukan penganiayaan kepada hewan (baik ringan maupun berat) dapat dipidana maksimal 9 bulan dan denda maksimal Rp 400 ribu.

“Jadi status sudah tersangka dan kami kenakan Pasal 302 KUHP ancaman 9 bulan penjara,” kata Dedy.

Indonesian Cat Association melaporkan kasus ini ke polisi. Ketiga tersangka sebelumnya telah meminta maaf dan membuat surat pernyataan, salah satunya berjanji akan mengadopsi atau memelihara kucing dengan alasan apapun.

Permintaan maaf ini disampaikannya saat didatangi para cat lover di Padang di indekos tersangka. Kasus ini menjadi sorotan dan viral karena kejahatan hewan yang dilakukan para tersangka tersebut.

Video tersangka mencekoki kucing bernama Clow berupa soju banyak dikecam. Dari video berdurasi 23 detik ini, terlihat tersnagka mengangkat lalu mengayun-ayunkan kucing ras tersebut di dalam kamar.

Ketiga perempuan itu lalu tertawa. Selanjutnya, mereka memberikan cairan dari botol yang merupakan minuman keras soju. Mereka memaksa kucing ini untuk meminumnya.

“Ibunya (kucing) berdua ini tidak sanggup sama saya. Cepatlah,” kata perekam video yang telah dinarasikan kumparan dalam bahasa Indonesia.

Ketiga perempuan itu kembali tertawa keras setelah mencekoki soju ke kucing. Kucing tersebut terlihat berjalan dan sempat terdiam di keset kaki.