Pengamat Sebut Koalisi Amin Berpotensi Hancurkan Dominasi PDIP dan Gerindra

Anies-Muhaimin.jpg
(kolase/riauonline/istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Koalisi Anies-Muhamin atau koalisi Amin dinilai bakal mengubah konfigurasi suara dalam pertarungan Pilpres 2024 mendatang, meski Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo belum menentukan calon wakil presiden (cawapres).

Cak Imin, sapaan Muhaimin Iskandar, seolah menjadi kartu As bagi Anies Baswedan lantaran bakal menjadi senjata ampuh dalam merebut perolehan suara di basis-basis Nahdliyin yang ada di Pulau Jawa.

"Konfigurasi koalisi baru antara NasDem dan PKB sejatinya memang bisa mengubah peta kontestasi Pilpres 2024, terutama ketika bertarung merebut basis suara di Jawa Timur dan Jawa Tengah serta sebagian Jawa Barat," kata Pengamat politik Universitas Jember (Unej) Muhammad Iqbal seperti dikutip Antara, Jumat (1/9/2023).

Masih menurut Iqbal, setidaknya ada tiga provinsi yang menjadi lumbung suara terbesar secara nasional. Selama ini, kuasa elektoralnya hanya terpusat di mesin politik milik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Gerindra.


"Maka munculnya pasangan Anies dan Cak Imin yang secara ambang batas pencalonan sudah bisa kantongi tiket pilpres, berpotensi merobohkan dominasi PDIP dan Gerindra di provinsi basis besar warga Nahdliyin," tuturnya.

Sementara, potensi kemenangan Anies-Cak Imin sangat besar terjadi. Namun dengan catatan, daya mesin PKB solid bergerak.

Sebagai catatan, dalam tiga pemilu terakhir, Cak Imin mampu menempatkan PKB sebagai partai yang stabil berada di papan elite parpol parlemen maupun lokal daerah.

"Itulah faktor rasional besarnya peluang Anies-Cak Imin diharapkan bisa merebut kemenangan dari dominasi PDIP di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat," katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan terkait catatan tersebut, yakni manuver-manuver Cak Imin dalam merawat modal sosial di kalangan Nahdliyin.

"Secara kultural, daya lobi dan manuver lincah Cak Imin dalam merawat modal sosial dengan jejaring kyai dan warga Nahdliyin sejak 2005 menjadi faktor kultural yang jadi harapan penentu kemenangan," ujarnya dikutip dari suara.com