Sedang Masak Ikan Ditinggal Main Game, 152 Rumah Ludes Dilalap Api

Ilustrasi-kebakaran2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Pemukiman padat di Jalan Tanah Abang 1, RT.03 RW. 08, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, dilanda kebakaran hebat pada Rabu, 23 Agustus 2023, malam.

Damkar DKI menyebut kebakaran hebat ini telah menghanguskan 152 rumah di kawasan padat penduduk tersebut.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril menduga kebakaran disebabkan ledakan kompor gas di salah satu rumah.

Api yang berkobar dengan cepat melumat habis bangunan di sekitarnya. Menurut catatan, kawasan yang terdampak seluas 8.000 m2 terdiri dari RT 2, RT 3, RT 4, dan RT 5.

"Sedang memasak ikan di tinggal main game dan yang melihat api pengunjung kafe, api sudah membesar. Dugaan penyebab kompor gas," kata Asril dalam keterangan tertulis, dikutip dari Liputan6.com, Kamis, 24 Agustus 2023.


Asril menyebut sebanyak 28 unit mobil pemadaman kebakaran dikerahkan ke lokasi. Proses pemadamam dilakukan sejak pukul 20.20 WIB hingga Kamis pukul 01.55 WIB.

"Saat ini sudah padam," ujar dia.

Akibat dari peristiwa ini, dua orang dilaporkan meninggal dunia. Sedangkan, 240 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya. Dua korban meninggal dunia sudah lanjut usia (lansia), yakni Siti Hajar (70) dan Tisna Amsari (83).

"Korban meninggal 2 orang. Taksiran kerugian Rp28 miliar," ujar dia.