Rupiah Dinobatkan Jadi Mata Uang Terbaik di Dunia, Intip Keunikannya

Ilustrasi-tukar-uang-baru.jpg
(Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)

RIAU ONLINE - International Association of Currency Affairs (IACA) memberi pengakuan untuk mata uang rupiah emisi 2022. Bank Indonesia (BI) mengklaim rupiah emisi 2022 memiliki berbagai keunikan.

IACA memberikan penghargaan kepada BI sebagai pemenang kategori best new banknote dalam 17th Currency Award 2023 yang dilaksanakan di Meksiko pada bulan Mei 2023 lalu.

"Uang kertas rupiah Indonesia ini sudah diakui dunia, jadi the best in the world. Di tahun 2023 ini, rupiah kita menjadi uang terbaik di seluruh dunia. Kita pasti bangga dengan proklamator kita, Pak Karno dan Pak Hatta," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara Festival Rupiah Berdaulat (FERBI) yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, dikutip dari Suara.com, Minggu, 20 Agustus 2023.

Sejak awal diluncurkan, BI mengklaim bahwa uang kertas emisi 2022 menggunakan teknologi canggih yang menghasilkan uang kertas berkualitas tinggi. Lalu, apa saja keunikannya?

Lebih kuat dan tebal


Tidak seperti uang emisi tahun-tahun sebelumnya, BI mengklaim uang emisi terbaru 2022 didesain dengan bahan yang lebih kuat dan tebal. Uang emisi 2022 bahkan disebut sebagai mata uang terbaik di dunia yang memiliki kualitas bahan yang tidak bisa ditemui di negara lain. Uang kertas ini diklaim tidak mudah robek, basah, lusuh, atau hancur.

Fitur rectoverso

Uang rupiah emisi 2022 juga dilengkapi fitur rectoversi sehingga gambar yang cetak membentuk gambar dengan posisi yang sama dan saling membelakangi. Saat diterawang di depan cahaya, gambar akan terlihat utuh.

Fitur rectoverso juga membuat uang emisi 2022 ini sulit ditiru atau diduplikat, karena setiap mata uang memiliki perbedaan.

Fitur electrotype dan watermark

Menariknya lagi, uang emisi 2022 menjadi uang terbaik di dunia karena dilengkapi fitur electrotype dan watermark. Dengan fitur ini, uang rupiah emisi 2022 memiliki tanda khusus yang hanya dapat dilihat dari sudut pandang tertentu dan tidak ditemui di mata uang lainnya.

Fitur inklusif untuk disabilitas

Mesin canggih pencetak uang yang digagas oleh BI pun juga menghasilkan uang yang ramah disabilitas. Kode kode khusus yang timbul sebagai identitas nominal ini memiliki fungsi khusus agar mudah dikenali oleh kaum disabilitas, sehingga bisa mencegah adanya penipuan dan kejahatan lainnya.