Dilaporkan Berzinah, PKS Minta Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo Mundur

Nelson-Pomalingo2.jpg
(Gopos.id)

RIAU ONLINE, GORONTALO-Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gorontalo Eman Mangopa merespons Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang tersandung isu pelecehan seksual dan perzinahan.

Isu itu mencuat ketika muncul seorang perempuan yang mengaku memiliki kedekatan dengan Bupati Gorontalo tersebut, beberapa waktu lalu. Padahal Nelson Pomalingo telah menikah dan memiliki istri yang bergelar profesor.

Eman mengaku merasa terusik dengan pemberitaan kasus dugaan perzinahan yang dilakukan oleh Nelson, yang dinilainya telah mencoreng nama baik Kabupaten Gorontalo.

"Bayangkan, kalau kita list setidaknya ada 14 media yang memuat pemberitaan yang terjadi di Jakarta dan juga di podcast Uya Kuya Chanel, 14 media online juga di TV nasional InewsTV, ini sudah sangat masif. Ini di beberapa Group WA, kami juga ikut diserang oleh teman-teman aktivis," ujar Eman kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Eman menilai kasus ini sudah tidak bisa ditolerir lagi, sehingga ia meminta agar Nelson Pomalingo mundur dari jabatannya sebagai Bupati Gorontalo.

Lantas seperti apakah sosok Nelson Pomalingo? Berikut ulasannya.

Rekam jejak Nelson Pomalingo


Nelson Pomalingo merupakan Bupati Gorontalo yang sudah menjabat selama dua periode, yakni periode pertama 2016-2021 dan 2021-2026.

Sebelum terjun ke politik, pria kelahiran 24 Desember 1962 ini dikenal sebagai akademisi. Ia sempat menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo periode 2012-2016.

Sebelumnya, ia juga menjabat sebagai rektor di Universitas Negeri Gorontalo dan merupakan rektor pertama di universitas tersebut setelah beralih status dari IKIP Gorontalo.

Nelson menyandang gelar sarjana bidang pertanian dari Universitas Sam Ratulangi manado yang lulus pada 1986. Setelah lulus, ia menlanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Jakarta untuk jenjang S2 dan S3 sekaligus.

Selain berkarier di bidang akademis, Nelson juga berperan dalam pembentukan Provinsi Gorontalo setelah masa reformasi. Nelson Pomalingo merupakan Ketua Presidium Nasional Pembentukan Provinsi Gorontalo pada 1999 hingga 2000.

Terjun ke politik

Setelah sekian lama berkutat di dunia akademis. Nelson mencoba peruntungannya terjun ke politik dan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pada 2017, ia dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Gorontalo.

Dunia politik seakan bukan hal baru bagi Nelson, sebab sejak masih duduk di bangku kuliah ia sudah aktif dalam berorganisasi. Di antaranya, ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ketika berkuliah di fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi.

Ia juga pernah mengikuti jejak seniornya dengan aktif di Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Nelson juga tercatat sebagai Ketusa Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Gorontalo sejak 2004 hingga 2012.

Setelah dua periode menjabat sebagai Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo digadang-gadang untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Gorontalo pada 2024 mendatang dikutip dari suara.com