Sosok Pemimpin Berani dan Bernyali Kata Jokowi Disebut Pria Adalah Prabowo

Ganjar-bersama-Prabowo-dan-erick-Thohir.jpg
((IG @erickthohir))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sosok pemimpin yang selalu masuk kategori Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin Indonesia berikutnya diungkap pengamat politik dari Universitas Airlangga Profesor Kacung Marijan.

“Pemimpin yang berkali-kali dikatakan Pak Jokowi kan pemimpin yang berani, bernyali, karakteristik personal kan cukup kuat di Prabowo Subianto,” kata Prof Kacung dalam keterangannya, dikutip Liberte Suara, Senin (31/7/2023).

Ia menambahkan, selain masuk kepada kategori pemimpin berani dan bernyali, Prabowo juga dinilai publik sebagai menteri yang memiliki kinerja baik di Kabinet Indonesia Maju. Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo terbukti bisa mengemban amanah dengan baik.

Semenjak menjadi orang nomor satu di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), banyak terobosan yang telah dilakukan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra tersebut. Mulai dari penjajakan kerja sama di tingkat internasional hingga berbicara di forum dunia.

Belum lama ini, Prabowo baru saja meneken kerja sama dengan negara Prancis dalam hal program alih teknologi serta akuisisi peralatan pertahanan. Prabowo mengungkapkan menjalin kerja sama dengan Prancis dalam memperkuat pertahanan negara merupakan tinta emas dalam beberapa dasawarsa terakhir bagi Indonesia.


Selain aktif menjalin kerja sama dengan beberapa negara luar negeri dalam meningkatkan pertahanan keamanan serta pemutakhiran alutsista Indonesia, Prabowo juga acapkali tampil di beberapa forum dunia.

Terbaru, Prabowo bersuara lantang di dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 beberapa waktu lalu. Prabowo menyuarakan agar situasi geopolitik yang terjadi saat ini di dunia bisa kunjung mereda.

Atas peran aktif Prabowo yang selalu mementingkan kedaulatan Indonesia dan menjaga perdamaian dunia, hal itu berdampak besar bagi daya elektoral menteri andalan dan terbaik Presiden Jokowi tersebut.

Seperti tercermin dari hasil survei yang telah dikeluarkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023. Dari hasil survei LSI tersebut, Prabowo berada di peringkat teratas.

Prabowo berhasil mengantongi elektabilitas sebesar 35,8 persen, kemudian diikuti oleh Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dengan raihan suara sebanyak 32,2 persen dan Anies Baswedan yang hanya meraup dukungan sebesar 21,4 persen.

Melihat dari sepak terjang Prabowo sebagai menteri terbaik di pemerintahan Presiden Jokowi, hal itu menurut Prof Kacung dinilai sebagai persepsi yang baik dari rakyat Indonesia. Masyarakat berkeyakinan jika Prabowo bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik di kemudian hari.

“Saya kira ada persepsi ya, persepsi yang dianggap bisa membawa ke arah yang lebih baik,” tandas Prof Kacung dikutip dari suara.com