Kedekatan Gibran dengan Tiga Capres, Nempel dengan Ganjar

Gibran-dan-Ganjar3.jpg
(Via suara.com)

RIAU ONLINE - Pilihan capres dari putra Presiden Joko Widodo sekaligus Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, kerap dipertanyakan publik hingga tokoh politik.

Gibran memang cenderung merangkul semua capres 2024 dan menjalin pertemuan dengan mereka. Gibran telah bertemu tiga capres 2024, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Pertemuan Gibran dengan Anies Baswedan di Balai Kota Solo, Selasa, 15 November 2023, bahkan sempat mengejutkan publik. Pasalnya, Anies kerap dinilai berseberangan dengan ayah Gibran, Presiden Jokowi dalam kubu politik.

Kala itu, kunjungan Anies ke Kota Solo mendapat sambutan hangat dari Gibran. Gibran menjadikan Anies sebagai sosok gurunya dengan mengesampingkan perbedaan politik.

Ia banyak berguru dan mencontok kepemimpinan Anies Baswedan kala menjabat pemimpin Ibu Kota.

“Saya berguru sama beliau [Anies Baswedan] sebagai Gubernur DKI Jakarta yang sukses. Makanya tadi beliau banyak bicara transportasi umum,” kata Gibran usai ditemui Anies, dikutip dari Suara.com, Minggu, 23 Juli 2023.


Langkah Anies tersebut membuat pihak PDIP curiga. Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, menilai Anies Baswedan menemui Gibran demi mendongkrak popularitasnya.

"Langkahnya supaya lebih dikenal publik. Dan ingat kalau dia muji-muji Gibran, pasti ada udang, ada batu di balik udang," kata Said.

Gibran juga sempat bertemu Prabowo Subianto dalam safari politiknya di Solo beberapa waktu lalu. Namun, pertemuan itu berujung pemanggilan dari internal PDIP.

Kendati dipanggil Megawati Soekarnoputri dan jajarannya, Gibran tidak mendapat sanksi. Gibran kukuh menilai bahwa dirinya tidak salah mendampingi Prabowo.

"Ya karena saya tidak salah. Saya ceritakan kronologinya dari A sampai Z, intinya itu," katanya, kepada wartawan.

Tapi pada akhirnya, Gibran berlabuh kepada sosok Ganjar Pranowo sebagai capres yang paling dekat denganya.

Wali Kota Surakarta ini akhirnya menyambangi Ganjar di Puri Gedeh, Semaran, pada Senin, 3 April 2023.

Gibran merasa kedekatannya dengan Ganjar adalah yang paling kuat dari semua capres yang sudah ditemuinya.

"Saya dekat dengan semua, Pak Prabowo, pak Anies. Paling dekat ya sama pak Ganjar," kata Gibran usai mendampingi Ganjar di acara diskusi bersama pelaku indrustri kreatif di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 22 Juli 2023.