Bentrok Dua Kelompok Warga Pecah di Papua, Puluhan Rumah Dibakar

Bentrok-di-papua-tengah.jpg
(Foto: ANTARA FOTO/Marius Wonyewun via kumparan)

RIAU ONLINE - Puluhan rumah dibakar dalam bentrok antar dua kelompok warga pecah di Kabupaten Nabire, Papua Tengah, Rabu, 7 Juni 2023.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Benny Ady Prabowo, mengatakan pihaknya mengetahui informasi adanya bentrokan tersebut dari video yang beredar. Aparat gabungan telah dikerahkan di lokasi.

"Berdasarkan informasi dan jejak digital yang berupa video yang beredar di beberapa platform media sosial, konflik antar warga yang telah mengakibatkan pembakaran rumah di Kabupaten Nabire saat ini sedang ditangani oleh pihak keamanan, yaitu TNI/Polri dan Pemerintah Daerah," kata Benny lewat keterangannya, Kamis, 8 Juni 2023, dikutip dari kumparan.

Benny menyebut upaya mediasi telah dilakukan dengan bantuan pemerintah daerah setelah. Sementara, polisi belum mengetahui penyebab pasti terjadinya bentrokan tersebut.


"Beberapa kepala daerah yang terlibat dalam konflik tersebut telah melakukan mediasi setelah terjadinya insiden. Mediasi ini bertujuan untuk mencapai titik temu antara kedua kelompok yang bertikai, sehingga dapat menghindari korban jiwa dan kerugian materi yang lebih lanjut bagi warga," ujarnya.

Benny juga belum dapat memastikan korban jiwa dalam insiden ini. Aparat gabungan saat ini sedang mengamankan lokasi untuk menghindari terjadinya bentrok lanjutan.

"Kepada masyarakat di luar Provinsi Papua Tengah, diharapkan agar tetap tenang dan tidak memposting video kebakaran yang dapat memicu kemarahan warga, mengingat potensi dampak negatif dari konten video tersebut," pungkasnya.