Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan Pembukaan Latihan Internasional di Indonesia

Pembukaan-MNEK-2023.jpg
(ANTARA/Suriani Mappong)

RIAU ONLINE - Pembukaan latihan bertaraf internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Indonesia dimeriahkan Angkatan Laut (AL) dari 36 negara. Pembukaan MNEK 2023 tepatnya digelar Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Suatu kehormatan kegiatan persahabatan ini dapat dilaksanakan di Kota Makassar," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono,saat membuka kegiatan tersebut di Makassar, Senin, 5 Juni 2023.

Pembukaan MNEK tersebut ditandai dengan pagelaran tari kolosal etnik Bugis Makassar yang menggambarkan kepiawaian moyang Bugis Makassar mengaruingi lautan.

Adapun tamu kehormatan dari 36 negara tersebut di antaranya Amerika Serikat, Australia, Brazil, Brunei Darussalam, Bangladesh, Kamboja, Kanada, China, Chili, Fiji, India, Inggris, Jepang, Kenya, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, dan Belanda, menikmati sajian tari kolosal yang dipergakan sedikitnya 100 orang personel.

Mereka akan mengikuti berbagai kegiatan yang belangsung mulai 5-8 Juni 2023 mendatan, di antaranya Ice Breaking, International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS), City Tour, City Parade, Fun Bike, Admiral Lunch, Bilateral Meeting. Welcome Dinner, Maritime Exhibition, dan Gala Dinner.


Selain itu, ada pula bakti kemanusiaan, di antaranya engineering civic action programme (ENCAP) dengan membangun monument MNEK di Centre Point Indonesia (CPI), lorong wisata, perbaikan atap SMP Lae-Lae, dan perbaikan sarana jalan di Lanraki. Kemudian kegiatan medical civic action programme (MEDCAP) dengan melaksanakan pengobatan gigi, khitanan massal, dan operasi katarak.

MNEK 2023 merupakan latihan non perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, latihan persahabatan ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antarnegara.

Ia menambahkan kegiatan MNEK tersebut untuk saling menguatkan dan mendukung pascapandemi COVID-19, dan khusus AL Indonesia dikerahkan 24 kapal perang untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Kesuksesan kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan masyarakat di daerah ini yang mengedepankan kearifan lokal," katanya.

Sebagai bentuk komitmen dalam MNEK 2023 perwakilan AL dari 36 negara menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam kerja sama dalam penguatan dan pemulihan bersama. (ANTARA/Suriani Mappong)

Dilarang mengutip berita ini, kecuali seizin ANTARA