Nongkrong di Malioboro, Jokowi Bagikan Uang kepada Pedagang Asongan

Jokowi75.jpg
(Kontributor/Putu Ayu Palupi)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo membagikan uang dan kaos kepada para pedagang asongan di Yogyakarta, Jumat malam 2 Juni 2023. Pada Jumat pagi, Jokowi meresmikan Jembatan Kretek 2 di Bantul.

Mengajak ibu negara Iriana Jokowi dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep serta istrinya Erina Gudono, Jokowi menaiki andong. Rombongan berangkat dari Istana Negara Yogyakarta Gedung Agung Yogyakarta.

Dikawal Paspampres di sepanjang Jalan Malioboro, Presiden menyempatkan diri menyapa masyarakat yang menunggunya di sisi kiri dan kanan trotoar Malioboro. Tak lupa, Jokowi membagikan kaos kepada warga dan wisatawan yang tengah berada di ikon wisata Kota Yogyakarta tersebut.

Tak hanya itu, Presiden juga menyapa pedagang asongan di Malioboro. Jokowi pun membagikan uang sebesar Rp 300 ribu kepada sejumlah pedagang.


Salah seorang pedagang, Atin (42) mengaku bahagia mendapatkan kaos maupun uang dari orang nomor satu di Indonesia itu. Dia sengaja ikut mengejar Presiden saat naik andong.

"Tadi dipanggil petugas maju [ke depan istana]. Dapat kaos sama uang. Tadi ikut ngejar [jokowi keliling naik andong di Malioboro]," ungkapnya.

Pedagang asongan yang sudah 14 tahun berjualan di Malioboro itu mengaku akan memanfaatkan uang pemberian Jokowi untuk menambah modal usaha.

"Isinya tadi Rp 300 ribu. Tiap hari di sini. Sudah 14 tahun di sini," jelasnya.

Hal senada disampaikan pedagang asongan lainnya, Edi Siswanto (25) yang mengaku diminta Paspampres untuk ke depan. Dia kemudian mendapatkan bantuan langsung dari Presiden.

"Belum saya buka isinya [amplop], yang penting udah senang. Dapat amplop, kaus, sama salaman. Semoga pak jokowi sehat tetap merakyat," imbuhnya dikutip dari suara.com