Resmi Diluncurkan Presiden, Apa Makna Logo IKN Nusantara?

Logo-IKN-Nusantara.jpg
(pilihlogoikn.telkomsel.com via Suara.com)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo mengumumkan logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berupa Pohon Hayat pada Selasa, 30 Mei 2023 kemarin.

Logo bertema Pohon Hayat terpilih setelah mengikutsertakan masyarakat dalam menentukan logo IKN Nusantara dari lima konsep logo yang disiapkan.

Logo IKN Nusantara Pohon Hayat ini merupakan karya desain Aulia Akbar. Bukan sekedar logo, ada makna di balik Pohon Hayat yang berkaitan erat dengan Pancasila dan semangat kemerdekaan Indonesia.

1. Lima akar di bagian bawah

Lima akar pada bagian bawah logo dimaknai sebagai bentuk perwakilan Pancasila yang memiliki lima sila sebagai dasar negara, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Rabu, 31 Mei 2023.

 


Logo IKN Nusantara pohon hayat ciptaan Aulia Akbar (pilihlogoikn.telkomsel.com)Logo IKN Nusantara pohon hayat ciptaan Aulia Akbar (pilihlogoikn.telkomsel.com via Suara.com)

2. Tujuh batang bagian bawah

Tujuh bawah di bagian bawah logo mempresentasikan tujuh pulau besar di Indonesia yang menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipersatukan lautan.

Ini juga melambangkan masyarakat Indonesia sebagai masyarakat maritim dengan wawasan nusantara, berupa luat dan alur sungai sebagai penghubung dalam satu lingkaran utuh yang menjadi wujud kekayaan hayati di daratan melimpah di Indonesia.

3. 17 kelopak di bagian atas

Sedangkan 17 kelopak di bagian atas logo melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia. Kembang mekar juga melambangkan harapan serta doa bahwa kemerdekaan Indonesia akan kekal dan abadi.

Menurut laman pilihlogoikn, Rancangan Nusantara ini dilengkapi dengan font "IKN Sutasoma" yang terinspirasi oleh aksara Pallawa, salah satu aksara tertua di Asia Tenggara yang ditemukan di Kutai, Kalimantan.

Identitas visual IKN Nusantara, rancang bentuk universal namun mengakar, terbalut dalam bentuk yang merayakan kemerdekaan peradaban baru Indonesia.