Mei Segera Berakhir, Ada Berapa Hari Libur di Bulan Juni?

Hari-libur.jpg
(Unsplash)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Bulan Juni memiliki banyak hari libur. Setiap hari libur dan cuti bersama yang ada di Indonesia secara resmi selalu disampaikan lewat SKB 3 Menteri di periode awal tahun. 

 

Memasuki bulan Juni terdapat beberapa hari raya yang ditanyakan terkait libur atau cuti bersamanya. Misalnya pada libur Waisak berapa hari, karena dikabarkan ada cuti bersama.

Hari Raya Waisak sendiri akan jatuh pada tanggal 4 Juni 2023, yakni hari Minggu. Momen hari raya tersebut jelas merupakan tanggal merah dan hari libur, karena bertepatan dengan hari Minggu. Namun yang jadi pertanyaan adakah cuti bersama?

Libur Waisak Berapa Hari?


Pemerintah telah menetapkan tanggal merah untuk cuti bersama dalam rangka perayaan Hari Raya Waisak 2023 ini. Berdasarkan informasi yang tercantum dalam SKB 3 Menteri, tanggal 2 Juni 2023 atau hari Jumat akan menjadi tanggal merah untuk cuti bersama Hari Raya Waisak 2023.

Jadi pertanyaan di atas dapat dijawab bahwa libur dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak 2023 akan sebanyak 2 hari, di hari Jumat, 2 Juni 2023, dan di hari H, 4 Juni 2023 mendatang. Ini akan jadi kesempatan long weekend untuk masyarakat secara umum.

Cuti bersama ini disediakan untuk masyarakat Buddha yang melakukan rangkaian perayaan hari suci mereka. Namun demikian, benefit dari cuti bersama ini turut dirasakan pula oleh masyarakat secara luas, karena menjadi salah satu akhir pekan yang panjang untuk masyarakat umum.


Apakah Hanya Itu Saja?

Sejatinya di bulan Juni sendiri terdapat dua hari libur nasional lain di luar perayaan Hari Raya Waisak 4 Juni 2023 mendatang. Keduanya adalah pada hari Kamis, 1 Juni 2023 dalam rangka Hari Lahir Pancasila, dan 29 Juni 2023 dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Jadi di awal bulan Juni 2023, akan terdapat akhir pekan yang sangat panjang, yang sudah dimulai sejak hari Kamis, 1 Juni 2023 mendatang. Libur ini akan berlangsung hingga hari Minggu, 4 Juni 2023, dan menjadi salah satu long weekend yang dinantikan banyak orang.

Nantinya di akhir bulan Juni, Hari Raya Idul Adha 1444 H akan menjadi hari libur dan tanggal merah yang menutup bulan keenam di tahun 2023 ini dikutip dari suara.com

Itu tadi sekilas informasi mengenai pertanyaan libur Waisak berapa hari yang banyak ditanyakan oleh publik secara luas. Semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya, semoga sukses!