Esok, 7.510 Jamaah Calon Haji Akan Berangkat ke Tanah Suci

Akhmad-Fauzin-kemenag.jpg
(FOTO ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-Kemenag)

RIAU ONLINE - Sebanyak 7.510 jamaah calon haji akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Rabu, 24 Mei 2023, besok.

"Total ada 7.510 jamaah yang akan berangkat pada 24 Mei 2023. Mereka terbagi dalam 19 kloter (kelompok terbang)," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin dalam konferensi pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa, 23 Mei 2023.

Akhmad Fauzin menyebutkan jamaah calon haji yang akan diberangkatkan besok yakni Embarkasi Solo (SOC) empat kloter, Embarkasi Makassar (UPG) dua kloter, Embarkasi Aceh (BTJ) satu kloter. Kemudian, Embarkasi Medan (KNO) satu kloter, Embarkasi Batam (BTH) dua kloter, Embarkasi Surabaya (SUB) tiga kloter, dan Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) dua kloter.

Sebelum diberangkatkan, ribuan jamaah calon haji tersebut akan transit di asrama haji. Mereka akan dilakukan cek kesehatan, pemberian gelang identitas, pemberian paspor, visa dan tiket pesata, serta pemberian livingcost.

"Untuk tahun ini, jamaah memperoleh 'living cost' senilai 750 Riyal Arab Saudi (SAR)," kata dia.


Mereka akan diberangkan ke Tanah Suci menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airlines.

Sebanyak sembilan embarkasi dari Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok, akan diberangkatkan menggunakan Garuda Indonesia.

"Maskapai Saudia Airline akan mengangkut jamaah yang berasal dari lima embarkasi, yaitu Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, dan Kertajati," kata dia.

Ia mengatakan perkembangan terkait penyelenggaraan ibadah haji akan disampaikan dalam konferensi pers dan disiarkan setiap hari pada pukul 12.00 WIB kecuali pada hari Jumat pukul 13.00 WIB di kanal media sosial Kementerian Agama. (ANTARA/Asep Firmansyah)

Dilarang mengutip berita ini, kecuali seizin ANTARA