Mengerikan, Narkotika Zombie Bikin Pecandunya Gerogoti Daging Sendiri

Ilustrasi-Narkoba5.jpg
(Arfandi/Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Narkotika zombie memiliki dampak mengeringkan bagi penggunanya. Kecanduan narkotika zombie bahkan membuat pemakainya menggerogoti daging mereka sendiri. Terutama jika dipadukan bersama obat terlarang lain, seperti heroin dan fetanyl.

Menurut NY Post, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Jumat, 19 Mei 2023, narkotika zombie merupakan xylazine atau obat penenang hewan. Saat ini penyebarannya sudah dalam tahap yang memprihatikankan.

Otoritas Los Angeles saat ini sedang melacak penggunannya seiring peningkatannya yang cukup pesat. Selain pecandunya dapat menggerogoti daging sendiri, narkotik jenis ini bisa menyebabkan kulit dan otot membusuk.

Kini sebuah program sudah dimulai kantor Sheriff Los Angeles untuk melacak seberapa umum zat berbahaya itu. Hal ini hanya menjadi prioritas pihak berwenang lantaran xylazine sebenarnya bukan obat terlarang.


Program ini sudah dimulai sejak pertengahan April lalu. Analis kesehatan akan menandai jika tanda-tanda awal xylazine yang terdeteksi dalam obat-obatan yang disita. Ini diharapkan berjalan selama sebulan sebelum langkah selanjutnya dipertimbangkan.

“Di wilayah Los Angeles yang lebih luas, kami melihat xylazine sebagai aditif dalam pil fentanil palsu. Sementara jumlahnya relatif rendah di komunitas kami dibandingkan di tempat lain di Amerika Serikat, kehadiran xylazine sekarang menjadi lebih sering dan trennya memprihatinkan,” kata juru bicara Divisi Lapangan DEA LA, Nicole Nishida.

Seorang addiction expert, Cary Quashen, mengaku tidak pernah melihat fenomena mengerikan seperti yang terjadi saat ini sebelumnya.

"Seorang wanita datang dan saudara perempuannya meninggal karena overdosis fentanil. Tapi bukan hanya overdosis fentanil, kulitnya mulai membusuk, termasuk otot-otot di kaki dan lengannya. Jadi itu adalah tanda pasti xylazine," ungkap Quashen.

Zat mengerikan tidak hanya ditemukan di Los Angeles. Pada Maret lalu, xyzaline juga digunakan untuk versi murah fentanil dan telah disebarkan ke 48 negara bagian. Di New York, bahkan narkotika zombie sudah dikaitkan dengan puluhan kematian.