Tegas, Gerindra Pastikan Prabowo Capres Bukan Cawapres Ganjar

Prabowo-ganjar3.jpg
(Laily Rachev–Biro Pers Sekretariat Presiden])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Prabowo Subianto dipastikan tidak akan pernah menjadi cawapres. Keputusan sudah bulat, Prabowo diusung menjadi capres 2024. Hal itu disebut DPP Partai Gerindra.

Penegasan tersebut menjawab wacana duet Ganjar Pranowo-Prabowo lewat koalisi besar.

"Iya dong (Prabowo capres), Gerindra sudah putus sepakat, solid, semakin mantap, semakin yakin Prabowo sebagai capres, bukan sebagai cawapres," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria di Cyber2 Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (8/5/2023).

Sebelumnya, informasi dari PPP menyebutkan ada pembahasan duet Ganjar-Prabowo dalam pertemuan Presiden Jokowi dan enam ketum parpol di Istana Merdeka, pekan kemarin. Tetapi Riza membantah.

"Ya sejauh yang saya ketahui dan sudah disampaikan di banyak kesempatan tidak ada pembahasan seperti itu," kata Riza.

Ia menegaskan komitmen Gerindra untuk menguaung Prabowo menjadi cawapres. Kekinian tidak ada niat sama sekali menjadikam Prabowo sebagai cawapres.

"Jadi sekali lagi, Pak Prabowo sebagai capres, enggak pernah ada pemikiran niat diusulkan siapapun sebagai cawapres. Pak Prabowo sebagai capres," ujarnya.

Totalitas Nyapres


Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan diri bakal maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Penegasan ini seolah menjadi jawaban menohok daei Prabowo, usai dirinya disebut-sebur dipasangkan menjadi cawapres untuk Ganjar Pranowo.

Adapun Prabowo menyampaikan niatannya maju menjadi capres itu saat berbicara di hadapan para purnawirawan TNI dan Polri di Yogyakarta, Rabu (3/5/2023).

"Saudara-saudara, sekarang kami sudah melihat peta dan kita mungkin akan maju sebentar lagi, saya mengajak kita semua, sudah lah kita maju dengan baik, nggak usah terlalu tegang-tegangan," kata Prabowo dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (4/5/2023).

Prabowo menyadari siapa saja yang akan menjadi rivalnya kelak di pemilihan presiden. Ia menyebutkan dua nama, yakni Ganjar dan Anies Baswedan. Menteri Pertahanan ini menegaskan hubungan dirinya dengan Ganjar dan Anies yang ia sebut sebagai sahabat.

"Kami sudah lihat sekarang mungkin pasangan yang dicalonkan, Mas Ganjar Pranowo dan Mas Anies Baswedan. Keduanya adalah putra terbaik Indonesia juga," ujarnya.

Prabowo lantas meminta masyarakat agar tidak menjelek-jelekan calon lain, apalagi sampai terprovokasi hanya karena perbedaan pilihan politik.

"Kalau ada yang masih mengira politik adalah saling mengejek, saya kira kurang dewasa orang-orang itu," kata Prabowo.

Duet Ganjar Prabowo Hoaks

Sebelumnya, Partai Gerindra memastikan tidak ada pembahasan mengenai wacana duet Ganjar-Prabowo dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan enam ketua umum partai politik.

Informasi itu disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy alias Rommy. Belakangan, Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman menyatakan informasi itu tidak benar atau hoaks.

"Itu hoaks, hoaks. Hoax, hoax ya," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Habiburokhman menegaskan tidak ada pembahasan yang memesangkan Ganjar sebagai capres dan Prabowo sebagai cawapres di dalam pertemuan di Istana, Selasa malam.

"Tapi yang jelas nggak ada pembahasan Pak Prabowo, apa Ganjar-Prabowo ngggak ada, kita nggak tahu si Pak Rommy dapatnya dari mana," ujar Habiburokhman dikutip dari suara.com