Cawapres untuk Anies Baswedan Mengerucut Jadi 5 Nama, Masih Rahasia?

Anies-Baswedan26.jpg
(Suara.com/Alfian Winanto)

RIAU ONLINE - Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto menyampaikan bahwa kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan telah mengerucut menjadi lima nama.

Namun, Sugeng tidak menyebut lima nama yang akan menjadi kandidat pendamping Anies di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

"Sekarang sudah ada lima kandidat yang sudah masuk, tetapi bahwa siapa-siapanya sekali lagi secara etis belum bisa disebut eksplisit," kata Sugeng dalam diskusi Gelora Talk yang diselenggarakan Partai Gelora melalui YouTube GeloraTV, dikutip dari Suara.com, Kamis, 4 Mei 2023.

Nama-nama yang menjadi kandidat cawapres Anies memang sengaja dirahasiakan. Sugeng mengatakan hal ini sebagai bagian dari strategi mengingat pihak Koalisi Perubahan untuk Persatuan juga menunggu sosok yang kelak menjadi rival dari Anies.


"Kami juga menunggu kandidat yang lain siapa sehingga nanti kami bisa ada pertimbangan-pertimbangan strategis sebelum kita menunjuk satu dan lain calon wakil presiden kita," kata Sugeng.

Adapun nama-nama yang sudah mengerucut saat ini hasil dari kontemplasi serta diskusi yang dilakukan Anies dengan Koalisi Perubahan. Dari diskusi itu, Anies kemudian menunjuk sejumlah nama potensial menjadi kandidat cawapres.

"Pak Anies lantas menyerap ini semuanya, lantas dalam proses selanjutnya di dari catatan-catatan tersebut maka Pak Anies dan barang tentu dari diskusi-diskusi yang panjang akan menunjuk beberapa orang menjadi kandidat-kandidat," kata Sugeng.