Kembali Jadi "Panglima Tempur" Sanggupkah Puan Menangkan Ganjar Pranowo?

Ganjar-dan-Puan.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Puan Maharani dinilai berperan dalam deklarasi PDIP untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). Ketua DPP PDIP ini tampaknya sudah lama menjadi salah satu orang yang mendukung eksistensi Ganjar Pranowo di dunia politik.

Hal ini pun diungkap oleh Ganjar yang menyebut Puan sebagai "panglima tempur" dalam mengambil peran sebagai tim pemenangan Ganjar sejak periode awalnya di dunia politik.

"Saya juga mengucapkan terima kasih secara khusus kepada Mbak Puan yang dalam penugasan-penugasan politiknya pernah menjadi Panglima Tempur di Jawa Tengah sampai dengan dua periode," ungkap Ganjar pasca deklarasinya sebagai capres PDIP pada Jumat, (21/4/2023) lalu.

Jadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar saat Pilgub

Jejak perjuangan Puan dalam memenangkan Ganjar ini pun sudah dimulai sejak tahun 2013. Saat Ganjar maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah, Puan pun berperan sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar dan Heru Sudjatmoko. Alhasil, Ganjar pun berhasil merebut kursi nomor satu di Jawa Tengah dengan perolehan 6.962.417 suara sah atau 48,82 persen suara dari total keseluruhan warga Jawa Tengah.


Ganjar kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah untuk periode kedua. Lagi-lagi, Puan pun berperan aktif sebagai tim pemenangan Ganjar dan Taj Yasin. Ia pun sempat menargetkan bahwa PDIP harus mendapatkan setidaknya 50 persen suara dalam pemilihan kepala daerah, terutama Jawa Tengah.


Didapuk Jadi Timses Ganjar di Pilpres 2024


Pesta politik tahun 2024 pun akan segera dilaksanakan oleh pemerintah. Nama nama calon presiden pengganti Presiden Jokowi pun berseliweran, namun hanya ada beberapa partai yang akhirnya mendeklarasikan calon mereka.

Nama Ganjar Pranowo yang sudah lama digadang-gadang akan menjadi capres PDIP pun dinyatakan resmi sebagai capres PDIP sejak Jumat, (21/3/2023) lalu.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan pencalonan Ganjar selaku capres di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. Megawati kembali memberikan mandat kepada sang putri, Puan untuk memegang kendali atas tim pemenangan Ganjar di pemilu 2024 mendatang.

"Maka dari itu, saya juga akan memberikan mandat penugasan kepada Mbak Puan Maharani untuk segera membentuk tim yang dibutuhkan oleh pak Ganjar guna memenangkan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2024," ungkap Megawati pasca deklarasi Ganjar.

Puan pun menyambut hangat mandat yang diberikan oleh ibunya ini. Ia mengaku siap melaksanakan amanah yang diberikan sang ibu.

"Ada satu lagi amanah dan kepercayaan dari Ketua Umum partai yang saya terima. Sebagai petugas partai, saya akan selalu siap menerima penugasan Ibu Ketua Umum, tegak lurus" ujar Puan dikutip dari suara.com