Sandiaga Uno Sudah Bilang Ingin Hengkang dari Gerinda, Begini Reaksi Prabowo

Prabowo-dan-sandiaga-uno.jpg
(Dok. Istimewa via Kumparan)

RIAU ONLINE - Sandiaga Uno ternyata sudah menyampaikan keinginannya untuk hengkang dari Partai Gerindra dan berpindah ke partai lain. Hal ini diungkap oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco.

"Memang Pak Sandi sudah langsung menyampaikan bahwa Pak Sandi ingin keluar dari Partai Gerindra dan bergabung dengan partai lain," kata Dasco, dikutip dari Suara.com, Senin, 10 April 2023.

Dasco juga mengungkap reaksi Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, setelah mendengar keinginan Sandiaga. Menteri Pertahanan itu meminta Sandiaga untuk memperimbangkan kembali terkait hal yang menjadi hajatnya hijrah dari Gerindra.

"Nah yang disampaikan Pak Prabowo juga itu adalah pertimbangan terutama untuk kebaikan Pak Sandi. Disampaikan bahwa Pak Sandi apakah sudah memikirkan baik-baik dan sebaiknya dipikirkan lagi kembali baik-baik untuk kepentingan Pak Sandi sendiri ke depan," tutur Dasco mengulang apa yang disampaikan Prabowo.

Kendati begitu, Gerindra menyerahkan keputusannya kepada Sandiaga Uno.

"Namun apapun itu keputusannya kan ada di Pak Sandi sendiri," ujar Dasco.

Dasco menyampaikan sikap Gerinda serupa dengan sikap Prabowo. Gerindra tidak akan menghalang-halangi kader yang ingin mengambil langkah politik berbeda.


"Saya rasa sudah jelas ya sikap Pak Prabowo. Pak Prabowo itu tidak menghalangi atau tidak melarang siapapun untuk bergabung di Partai Gerindra. Begitu juga sebaliknya, Pak Prabowo tidak akan menghalangi-halangi apabila ada kader Gerindra yang ingin mengambil langkah-langkah politik di luar Partai Gerindra," tuturnya.

Gerindra tidak merasa kehilangan sosok Sandiaga Uno jika Wakil Ketua Dewan Pembina partai itu memutuskan untuk benar-benar hengkang.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman, menilai bahwa masuk keluarnya kader merupakan hal biasa. Termasuk kepergian Sandiaga Uno yang dikabarkan kian matang hijrah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Enggak, kan bukan pertama masuk keluar partai. Semua partai pasti mengalami orang masuk keluar partai. Tidak ada masalah, mati satu tumbuh seribu, kan begitu," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Merujuk pada pernyataan Prabowo, Ia menyebut Gerindra tidak bisa menahan kader yang memang ingin pergi.

Kata Pak Prabowo, Gerindra ini partai terbuka siapapun bergabung monggo silakan selama menerima Pancasila, NKRI. Apalagi yang disebut Pak Prabowo kemarin empat pilar itu," ujar Habiburokhman.

"Tapi kita juga tidak bisa menghalangi orang yang mau keluar. ya monggo-monggo saja," kata Habiburokhman.

Sebelumnya, kabar Sandiaga Uno akan hijrah dari Gerindra disampaikan politikus Gerindra, Kamrussamad. Kabar ini menyusul informasi dari PPP yang menyebut Sandiaga Uno segera bergabung.

"Saya juga mendengar isu kabar bahwa beliau sudah memutuskan untuk pindah ke salah satu partai. Dan setahu saya beliau juga sudah punya rencana sendiri saya kira sebagai seorang politisi muda," kata Kamrussamad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, Kamrussamad menuturkan bahwa hijrahnya Sandiaga sudah hampir pasti, tinggal menunggu waktu.

"Resminya tunggu saja tetapi informasi saya sudah positif akan pindah," kata Kamrussamad.