Koalisi Perubahan Resmi Terbentuk, Anies Tinggal Tunjuk Cawapres Pilihannya!

Koalisi-Perubahan.jpg
([Suara.com/Novian])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Anies Baswedan dikabarkan sudah mengantongi nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi dirinya pada Pilpres 2024.

Anies disebut meminta bantuan tim kecil NasDem, PKS, dan Demokrat untuk mematangkan sejumlah pilihan.

Hal tersebut disampaikan Sudirman Said selaku perwakilan Anies di tim kecil.

"Informasi untuk diketahui bersama bahwa pada Rabu Kliwon, 15 Maret 2023, capres Pak Anies telah memutuskan untuk menugaskan tim delapan, tim kecil ini untuk membantu beliau dalam memfinalkan pilihan-pilihan dari calon wakil presiden," kata Sudirman di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Sebelumnya, Said menyampaikan Koalisi Perubahan resmi terbentuk. Pembentukan itu seiring ketiga partai, yakni NasDem, PKS, dan Partai Demokrat yang telah menandatangani piagam koalisi.

"Hari ini milestone baru, yaitu telah ditandatangani piagam Koalisi Perubahan. Nanti ditampilkan pimpinan partai," kata Said.



Ia mengatakan penandatanganan piagam itu dilakukan langsung masing-masing ketua umum letiga partai di Koalisi Perubahan.


"Dengan piagam itu secara formal tiga partai secara bulat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden," kata Sudirman.

Nama Cawapres di Tangan Anies

NasDem, PKS, dan Partai Demokrat sudah sepakat menyerahkan pemilihan calon wakil presidem kepada Anies Baswedan. Mereka tidak akam lagi mempertanyakan cawapres, seiring Koalisi Perubahan yang resmi terbentuk.

Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, di dalam piagam deklarasi, salah satu poin kesepakatan yang tertuang ialah berkaitan dengan cawapres. Andi Arief mengatakan nama cawapres itu sendiri sudah berada di tangan Anies.

"Jadi sekarang semua koalisi sudah tidak akan mempertanyakan lagi tentang siapa cawapres karena cawapres sudah di tangan Anies. Kita tunggu saja kapan dia mendeklarasikan cawapresnya," kata Andi Arief kepada wartawan, Jumat (24/3/2023).

Sebelumnya, Andi Arief mengatakan Koalisi Perubahan yang dijajaki NasDem, PKS, dam Demokrat sudah resmi terbentuk. Penegasan itu menyusul agenda pertemuan tim kecil sore ini di Sekretariat Perubahan. Adapun pertemuan itu terkait piagam deklarasi Koalisi Perubahan.

"Sudah resmi. Koalisi tiga partai," kata Andi Arief.

Sementara itu terkait pertemuan sore ini, Andi Arief mengatakan ketiga partai akam menunjukan kesepakatan yang tertuang di dalam piaham deklarasi.

"Ya akan ditunjukan pada publik tentang kesepahaman dalam piagam koalisi, poin-poinnya. Ya telah terjadi kesepakatan bagaimana membangun pemerintahan yang baik, bagaimana mendapatkan kemenangan juga tentang cawapres ya," katanya dikutip dari suara.com