Perkenalan Gadis di Tanah Datar dengan Pelaku hingga Ditemukan Tewas Terkubur

Gadis-tanah-datar-dibunuh.jpg
(Dok. Istimewa via Kumparan)

RIAU ONLINE, TANAH DATAR - Seorang gadis belia berusia 14 tahun di Sumatera Barat (Sumbar), tewas dibunuh sang pacar. Jasad gadis malang itu ditemukan terkubur di kampung halaman sang pacar di Nagari (Desa) Singgalang, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

Pelaku AJ (17) nekat menghabisi nyawa korban lantaran takut gadis itu hamil. Pelaku membekap gadis asal Kota Padang menggunakan bantal hingga tak berdaya.

AJ memukul kepala korban menggunakan alu atau kayu untuk menumbuk beras. Jasad gadis itu lalu diseret dan dikubur di dapur rumah di Nagari (Desa) Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Korban dan AJ belum lama ini menjalani hubungan setelah saling mengenal melalui media sosial.

"Korban dan tersangka kenal melalui media sosial Instagram. Sejak lima bulan sebelum kejadian," ujar Kasat Reskrim Polres Padang Panjang, Iptu Istiqlal, dikutip dari kumparan, Selasa 21 Maret 2023.

Sebelum ditemukan tewas terkubur, keluarga korban sempat membuat laporan kehilangan anak di Polresta Padang dengan LP B No. 109 Bulan Februari 2023.


Dari hasil pemeriksaan, AJ mengeksekusi pacarnya pada awal Februari 2023. Sementara jasad korban ditemukan terkubur pada Jumat 17 Maret 2023.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Donny Bramanto, jasad korban ditemukan dalam posisi tertekuk tanpa menggunakan pakaian.

"Kondisi karena sudah sebulan lebih (jasad dikubur) yang pasti sudah rusak. Tidak ada sehelai pakaian pun," kata Donny.

Donny menyebut pihaknya akan melakukan penanganan khusus dalam kasus pembunuhan ini lantaran AJ masih di bawah umur.

"Yang pasti kami tetap mengacu ke Undang-undang peradilan anak di mana dalam undang-undang tersebut ada perlakuan khusus dibandingkan tindak pidana lainnya," tegasnya.