Jadwal Imsak Resmi Biar Sahurmu Tidak Kelewatan, Cek di Sini

Tidur3.jpg
((Freepik/Jcomp))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Puasa di bulan Ramadan segera tiba. Selama puasa sahur membantu kita untuk tetap terjaga secara fisik selama puasa Ramadhan. Sebab kita juga membutuhkan asupan makanan bergizi seimbang setiap harinya. Lantas batas makan sahur jam berapa?

Akan tetapi, sahur tidak boleh dilakukan di sembarang waktu. Mungkin kamu belum tahu batas waktu sahur jam berapa. Cek di sini!

Seperti yang sudah umum diketahui batas makan sahur adalah saat adzan subuh terdengar. Adzan juga menjadi pertanda dimulainya waktu puasa. Kita tidak diperbolehkan makan dan minum lagi setelah terdengar adzan subuh.

Akan tetapi, para ulama menyarankan agar kita tidak mengandalkan waktu adzan subuh saja. Disarankan agar kita sudah menghentikan aktivitas makan dan minum sepuluh menit sebelum adzan subuh berkumandang.

Jika waktu subuh di daerah kamu misalnya Pukul 04.00 WIB, maka usahakan beberapa menit sebelum jam tersebut untuk sudah selesai makan.


Agar lebih aman, ketahui jadwal imsak yang sudah ditentukan di setiap bulan ramadhan. Jadwal imsak umumnya menjadi simbol akhir dari waktu sahur, yang terjadi sepuluh sebelum adzan subuh berkumandang. Agar kita juga tidak terburu-buru mempersiapkan diri ikut ibadah shalat subuh di masjid.

Pembahasan mengenai batas makan sahur jam berapa ini tercantum dalam hadist riwayat Anas bin Malik. Zaid bin Tsabit berkata:

"Kami makan sahur bersama Rasulullah Saw, kemudian (setelah makan sahur) kami berdiri untuk melaksanakan sholat. Aku (Anas bin Malik) berkata: "Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan shalat fajar)?" Zahid bin Tsabit berkata: "(seperti waktu yang dibutuhkan untuk membaca) 50 ayat".

Akan tetapi karena akan sulit menghitung dengan cara yang disebutkan dalam hadist maka batas waktu sahur yang dapat kita gunakan sebagai upaya untuk berhati-hati tidak melewati batas waktu adalah jadwal imsakiyah. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Al Baqarah ayat 187, menjelaskan, “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu fajar”. (QS Al-Baqarah: 187).

Maka jadwal imsak bisa menjadi patokan bagi umat Islam di Indonesia, sebagai batas waktu sahur. Jadwal Imsak Resmi bisa diperoleh di link berikut ini: https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

Demikian itu batas makan sahur jam berapa yang penting untuk diperhatikan. Pastikan untuk makan sahur dengan menu dan lauk bergizi agar tubuh tetap terjaga sepanjang hari dikutip dari suara.com