PKB Tegaskan Gerindra Belum Konfirmasi Soal Duet Prabowo-Ganjar

Jokowi-bersama-prabowo-dan-ganjar.jpg
((Dok. Prabowo Subianto))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda mengaku belum ada komunikasi dengan Gerindra ihwal peluang duet Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo sebagaimana yang disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo.

"Belum dikomunikasiin sama PKB. Mungkin itu yang menyampaikan Pak Hashim ya," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda kepada wartawan, Senin (13/3/2023).

Kendati begitu, Huda mengetahui terkait syarat dari Gerindra untuk mengusung duet Prabowo-Ganjar. Pertama ialah capres Prabowo sudah harga mati dan perihal Ganjar menjadi cawapres itu menjadi kewenangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Karena itu, Huda menegaskan semua keputusan capres dan cawapres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi kewenangan Prabowo dan Cak Imin.

"Sebagai opsi ya sah-sah saja karena ini dinamika. Tapi sampai hari ini opsi yang disampaikan Pak Hashim belum secara resmi disampaikan ke Gus Muhaimin," kata Huda.

"Tapi saat yang sama, opsi kami Gus Muhaimin memang sejak dari awal kan mandat muktamar ya, jadi wajib harus maju dalam Pilpres itu," sambungnya.


Lampu Hijau Duet Prabowo-Cak Imin



Lampu hijau untuk mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo sudah menyala. Kali ini sinyal tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo.

Adik Prabowo ini mengatakan, Gerindra terbuka mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto.

"Saya kira terbuka kalau Pak Ganjar mau ikut dengan Pak Prabowo dengan catatan Pak Prabowo calon presiden," kata Hashim di Jakarta pada Minggu (12/3/2023).

Menurut Hashim, Prabowo lebih tepat maju sebagai capres karena memiliki pengalaman panjang dalam dunia politik di Indonesia.

"Saya kira sudah tidak mungkin kalau Pak Prabowo calon wakil presiden. Pak Prabowo jauh lebih senior, 15 tahun lebih tua, pengalamannya berbeda 'kan," ujarnya.

Meski begitu, Hashim menambahkan wacana Prabowo-Ganjar hanya bisa terlaksana dengan persetujuan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai mitra koalisi Gerindra dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

"Kemungkinan itu terbuka kalau Pak Ganjar mau jadi. Akan tetapi, harus disetujui oleh PKB. 'Kan begitu, harus disetujui PKB, kami terbuka," tutur Hashim.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, pihaknya tidak khawatir dengan kedekatan Prabowo Subianto dan Ganjar.

Kedekatan tokoh-tokoh nasional, lanjutnya, sangat penting untuk konsolidasi demokrasi agar semua proses politik berjalan dengan kondusif serta saling menghargai dan menghormati.

"Pertemuan Ganjar dengan Prabowo, masing-masing memiliki potensi untuk berkompetisi adalah pertemuan yang sangat positif," kata Muhaimin.

Cak Imin juga menegaskan bahwa koalisi KIR yang dibangun PKB dan Gerindra tetap solid dan terus bergerak. Sebab dalam koalisi telah dibuat komitmen bahwa keputusan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung, akan dibahas oleh pimpinan partai dikutip dari suara.com