Tip Menyimpan Kurma agar Tidak Busuk dan Jamuran

Kurma4.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kurma menjadi salah satu makanan manis dan cocok untuk buka puasa. Demi mempertahankan kesegaran dan citarasanya, anda perlu mempertahankan kelembapan kurma. Ada banyak metode dan tips menyimpan kurma yang bisa diterapkan.

Dibutuhkan metode yang tepat, terutama jika Anda membeli dalam jumlah besar dan akan menyimpan kurma dalam jangka panjang. Dirangkum dari deliciously dates, berikut tips menyimpan kurma yang bisa Anda lakukan.

1. Simpan dalam wadah kedap udara agar tetap segar

Kurma akan terasa enak jika masih dalam keadaan segar. Saran pertama untuk menyimpan kurma adalah tempatkan kurma dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang dingin. Selain itu, Anda bisa menggunakan kantong vakum jika memiliki penyegel vakum.

2. Kurma kering dapat disimpan di lemari dapur

Kalau tidak ada kulkas di rumah, Anda juga bisa menyimpan kurma di lemari dapur. Hanya saja, pastikan kurma tidak terkena sinar matahari langsung. Jauhkan dari kompor dan oven atau perangkat lain yang menghasilkan panas.


3. Disimpan dalam lemari es

Ada cara khusus jika Anda membeli kurma lembut dan segar sejak awal, bukan kurma kering. Kurma segar harus disimpan dalam lemari es karena membiarkannya di luar dapat memengaruhi kualitas dan rasanya.

4. Disimpan dalam kantong freezer

Jika membeli kurma kering, Anda bisa menyimpannya di freezer. Keluarkan udara dari tas dan tutup rapat sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

Bisa juga menggunakan wadah kedap udara seperti toples plastik saat akan menyimpannya ke dalam freezer. Masukkan kurma ke dalam kantong plastik dengan ritsleting dan buang udara berlebih. Kandungan udara di dalam tas dapat mempercepat pembusukan makanan.

Tips Membeli Kurma

Sebelum menerapkan tips menyimpan kurma di atas, penting untuk memperhatikan kondisi kurma segar atau kering. Ikuti kiat membeli kurma yang dikutip dari beneficially berikut ini dikutip dari suara.com

Pilih kurma yang memiliki kulit tipis
Cium kurma agar tidak berbau busuk dan asam
Salah satu tanda kurma tua adalah kandungan gulanya. Beli kurma yang tidak menunjukkan butiran gula di permukaan atau di jus
Saat membeli kurma kemasan, pastikan kurma tidak saling menempel
Pastikan kemasan tidak mengandung benda-benda lain seperti daun dan lain-lain.
Perhatikan apakah kemasannya berkerut atau tidak. Pasalnya, beberapa jenis kurma secara alami memiliki kerutan di permukaan kulitnya.
Demikian berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang tips menyimpan kurma. Semoga bermanfaat!