Cocok Buat Takjil Buka Puasa, Catat Resep Bikin Bubur Mutiara

Bubur-mutiara3.jpg
((Instagram/@dapurfio))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Bulan Ramadan segera tiba. Banyak menu takjil yang biasa disajikan saat berbuka khususnya sajian yang manis-manis.

Bubur mutiara bisa menjadi menu takjil bagi Anda suak buka puasa dengan sajian yang manis. Resep bubur mutiara pun terbilang sederhana sehingga mudah dibuat sendiri di rumah.

Bubur berbahan dasar sagu mutiara ini umumnya berwarna merah muda. Jika sudah dikasih santan, warnanya akan jadi semakin cantik ketika disajikan di dalam mangkuk berwarna putih.

Ingin bikin bubur mutiara untuk takjil di bulan Ramadan? Silahkan coba resep bubur mutiara di bawah ini.

Bahan:

150 gram mutiara
120 gram gula pasir
1/4 sdt garam
Air secukupnya
Bahan kuah santan
400 ml santan
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam
Cara membuat bubur mutiara

Langkah 1


Rendam mutiara dalam mangkuk kurang lebih selama 20 menit, lalu tiriskan.

Langkah 2

Rebus air dalam panci terlebih dahulu sampai mendidih. Tambahkan mutiara dan rebus juga selama lima menit saja sambil sesekali diaduk. Matikan api saat bubur sudah mendidih, tutup panci dan diamkan selama 30 menit supaya bubur mengembang.

Langkah 3

Tambahkan gula pasir ke dalam panci, lalu rebus kembali mutiara selama tujuh menit dengan api sedang sampai mutiara terlihat bening. Itu artinya sudah matang, sisihkan.

Langkah 4

Lanjutkan dengan menyiapkan kuah santan. Lakukan dengan merebus santan, daun pandan, dan garam sampai mendidih.

Langkah 5

Sajikan bubur mutiara dalam mangku. Siram dengan kuah santan gurih yang sudah jadi.

Demikian resep bubur mutiara yang bisa dicoba di rumah. Bubur mutiara dengan kuah santan gurih yang masih hangat paling nikmat saat cuaca hujan.

Namun, bubur mutiasa juga enak disajikan dingin dengan tambahan es batu dan topping lainnya, seperti roti manis atau irisan buah nangka dikutip dari suara.com