Penting! Langkah-langkah Selamatkan Diri Saat Longsor

Longsor-di-Natuna.jpg
(BNPB via AP via VOA Indonesia)

RIAU ONLINE - Bencana longsor menerjang Serasan Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin, 6 Maret 2023.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri mencatat ada 10 orang korban meninggal dunia dan puluhan orang hilang dalam bencana ini. Longsor juga menimbun rumah, kebun, dan sumber air warga.

"Sekira pukul 04.30 Wib di daerah Bukit rumah lekuk mengalami tanah longsor yang mengakibatkan rumah, kebun warga dan sumber air minum milik warga tidak berfungsi di sebabkan tertimbun oleh tanah longsor," kata Kepala Bidang Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt dilansir dari Liputan6.com, Selasa, 7 Maret 2023.

Sebelumnya, daerah tersebut diguyur hujan lebat sejak Minggu, 5 Maret 2023. Kepala desa hingga Bhabinkamtibmas Polsek Serasan pun langsung menuju lokasi tanah longsor. Mereka bergotong royong membersihkan sisa-sisa tanah longsor.

"Sekira pukul 06.30 WIB Kepala Desa Aparatur Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas Polsek Serasan serta masyarakat Serasan dan Serasan Timur langsung menuju TKP lokasi tempat kejadian tanah longsor melaksanakan gotong royong pembersihan sisa-sisa tanah longsor," tambah Harry.

Tanah longsor merupakan bencana yang kerap terjadi di sekitar lereng maupun tebing. Kendati hanya longsoran tanah, bencana ini sangat berbahaya sehingga dibutuhkan antisipasi dalam menyelamatkan diri ketika bencana ini terjadi.

Adapun langkah-langkah penting yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana longsor seperti dimuat dalam laman resmi BPBD antara lain:


1. Evakuasi

Peringatan evakuasi dini sangat disarankan BPBD milik pemerintah saat terjadinya bencana, termasuk longsor. Saat evakuasi, pastikan membawa barang penting dan darurat seperti obat, air minum, makanan. Jangan lupa untuk memberi peringatan kepada orang sekitar dan juga bawa hewan peliharaan Anda.

2. Menyingkir

Bagi Anda yang berada di luar ruangan tanpa tempat berlingung, segera menyingkir ke tempat yang lebih aman. Namun, tetap waspada dan berhati-hati ketika melangkah.

Perhatikan pula aliran longsor. Akan tetapi, upaya ini hanya dilakukan ketika longsor ringan dan lambat.

3. Waspada banjir

Selain longsor, banjir juga menjadi bencana yang patut diwaspadai. Berhati-hatilah saat berkendara atau melewati jalan yang tergenang banjir.

Waspada dengan jalan yang tergenang banjir, jembatan yang roboh, jalanan yang rusak, dan lainnya. Ingatlah untuk tidak melawan arus banjir.

4. Menggulung seperti trenggiling

Dalam sejumlah kasus, Anda mungkin tidak bisa keluar dari lokasi longsor atau terjebak. Jika demikian, buatlah posisi menggulung dengan menekuk bahu ke bawah dan menempelkan dahi ke lutut yang ditekuk. Posisi ini bertujuan untuk melindungi kepala.