Astaga, 69 Pegawai Kementerian Keuangan Diduga Punya Harta Tak Jelas

uang37.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Sekitar 69 pegawai di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki harta yang tidak jelas. Inspektur Jenderal Kemenkeu, Awan Nurmawan Nuh, mengungkap harta tak jelas dari puluhan pegawai itu ditemukan sepanjang 2021.

Awan menjelaskan pihaknya melakukan cek formal juga material terkait anomali harta kekayaan pegawai internal berdasarkan hasil analitik. Pihaknya kembali melakukan pengecekan setelah ditemukannya ketidakwajaran. Pengecekan kembali dilakukan mulai dari harta yang tidak dilaporkan hingga transaksi mencurigakan.

"Ada 33 pegawai tidak clear (hartanya), pelaporan 2021 ada 36 pegawai tidak clear. total 69 pegawai tidak clear, akan dipanggil dan dilakukan pemeriksaan," ujar Awan, dikutip dari Suara.com, Jumat, 3 Maret 2023.

Sementara itu, publik masih menyoroti pejabat berharta mewah setelah terungkapnya harta yang diduga tak wajar milik Rafael Alun Trisambodo.

Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) pun akan terus mencari pegawai yang bergaya hidup mewah. Bahkan, KPK menduga ada 'geng' pegawai pajak yang suka memamerkan harta dan bergaya hidup mewah.


KPK memastikan ada sejumlah pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang memiliki harta kekayaan tidak wajar.

"Kami pastikan sesudah yang bersangkutan (Rafael) pasti ada lagi orang-orang lain, yang kami denger juga ada gengnya," ujar Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan

Akan tetapi, diakuinya bahwa KPK akan mengalami kesulitan dalam penelusuran harta kekayaan. Sebab, kata Pahala pegawai Kemenkeu pintar dalam menyembunyikan harta kekayaannya.

"Bukan sederhana dalam arti, ini kan orang keuangan, tahu banget gimana cara ke sana-ke mari. Jadi kami ingin polanya dulu dapat, nanti baru ke yang lain," jelas dia.