Viral Video Anies Baswedan Imbau Jangan Berutang saat Kampanye

Anies-Baswedan20.jpg
([Akun Twitter @datuakrajoangek])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Utang Anies Baswedan sebesar Rp 50 miliar kepada Sandiaga Uno sempat viral. Fakta utang dengan nominal mengejutkan itu dibongkar Erwin Aksa di akun YouTube Akbar Faizal Uncensored.

Erwin dalam talkshow itu mengatakan utang-piutang saat Pilkada Jakarta 2017 silam. Erwin Aksa adalah keponakan Jusuf Kalla.

Erwin Aksa mengemukakan utang piutang tersebut berasal dari logistik yang dimiliki Sandiaga Uno.

Persoalan utang-piutang untuk modal kampanye Pilkada Jakarta Anies Baswedan ini tak ayal menjadi bertolak belakang. Pasalnya dalam sebuah video yang beredar di media sosial, Anies Baswedan.

Pada tayangan video tersebut, Anies nampak tampil dengan komika Panji Pragiwaksono. Panji yang digambarkan sebagai sosok politisi dinasehati Anies agar tidak berutang.

Selain itu dalam tayangan tersebut tertulis kalimat 'Jangan Berhutang Saat Kampanye, karena Setiap Hutang Pasti Ditagih.'


Video tersebut diunggah akun @@datuakrajoangek yang diambil dari TikTok relawananies. Dalam cuitannya, ia mengungkapkan kalimat bernada sindiran.

"Bagi saya Mas Anies adalah Guru. Banyak ucapan-ucapan Mas Anies yang saya jadikan pegangan sampai saat ini. Karena buat saya ada masanya ketika kata-kata Mas Anies memang benar. Bagaimana dengan anda?" cuit akun tersebut.

Tayangan video tersebut kemudian direspons warganet yang me-reply cuitan akun tersebut.

"Nanti kita liat saja di 2024, karena setiap calon pemimpin akan dibuka semua baik dan buruknya oleh lawan masing-masing, karena menurut sudut pandang saya, orang yang perkataannya jujur itu akan terlihat dari perbuatannya, sama dengan perkataannya," tulis warganet.

Selain itu, ada juga warganet lainnya yang mempertanyakan soal anggaran kampanye yang akan dihabiskan dalam kampanye pilpres.

"Logikanya kalau untuk pilkada level gubernur/provinsi aja habis segitu besar, berapa yah dana untuk kampanye pilpres yah? Darimana duitnya yah?"

Tak hanya itu, warganet lain mempertanyakan psikologis Anies Baswedan.

"Jangan-jangan Pak Anies memang berkepribadian ganda, atau bahkan multi kepribadian hingga kita dibingungkan dengan tata kata dan kalimatnya."

Sementara itu, warganet lainnya menulis jika Anies Baswedan layak mendapat piala Oscar.

"(Utang pasti ditagih) Layak Oscar inimah..." tulis netizen lainnya dikutip dari suara.com