Dede Yusuf Sayangkan Sinyal Menpora Tinggalkan Kursi Menteri demi PSSI

Erick-Thohir8.jpg
([Twitter/@PSSI])

RIAU ONLINE, JAKARTA-Gelagat Menpora Zainuddin Amali yang diduga ingin meninggalkan kursinya untuk fokus di PSSI disayangkan 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf.

Dede mengatakan rekam jejak Zainudin Amali sebagai Menpora sangat baik. Hal itu terbukti dalam beberapa capaian di berbagai cabang olahraga yang berhasil diraih Indonesia selama Zainudin Amali menjabat.

"Kami prinsipnya menyayangi Pak Zainudin Amali, mengapa mengambil posisi PSSI? Karena beliau sangat baik sebagai Menpora. Terlihat dari prestasi-prestasi Sea Games dan berbagai event-event internasional yang meningkatkan kompetensi dan prestasi," ucap Dede pada Senin (20/2/2023).


Selain itu, Komisi X bersama Zainudin Amali juga telah melahirkan Undang-undang No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Menurutnya, UU tersebut merupakan salah satu cita-cita besar Zainudin Amali ihwal Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Kita baru saja menghasilkan sebuah undang-undang keolahragaan, di mana saya dan beliau (Zainudin Amali) langsung pegang kendali. Saya sebagai Ketua Panja, tentu saya paham dia punya cita-cita besar, yaitu Desain Besar Olahraga Nasional," jelasnya.

Dede menilai DBON merupakan tanggung jawab Zainudin Amali yang harus diselesaikan. Meski demikian, ia tidak menyangkal bahwa porsi anggaran pemerintah untuk DBON termasuk kecil.

"Sehingga mungkin PSSI lebih menarik. Saya tidak tahu ya kalau kondisinya seperti ini, tetapi poinnya adalah kami menyayangkan keputusan Pak Zainudin jika harus memilih salah satu di antara dua ini (Menpora dan PSSI)," lanjutnya.

Sebelumnya, Zainudin Amali menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo ihwal jabatan Menpora saat ini. Hal itu diungkapkan olehnya saat terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2027.

Zainudin akan melapor kepada Presiden Jokowi mengenai keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang memilih dirinya dikutip dari suara.com