Ade Hartati Sebut Pekanbaru Butuh Pasar Induk sebagai Pengendali Harga

pedangan-cikpuan.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-DPRD Riau menilai dibutuhkan pasar induk di Pekanbaru guna mengendalikan harga. Sebab, kenaikan harga bisa menimbulkan kelangkaan barang dan menyulitkan masyarakat.

 

Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat, menyarankan Pasar Cikpuan menjadi pasar induk di Pekanbaru.

 

"Pasar induk berfungsi sebagai pengendali harga. Jadi harapan ke depan Riau membangun pasar induk. Kemudian juga intervensi pemerintah harus digencarkan, seperti pasar murah sampai ke tingkat desa. Sehingga mampu mengintervensi harga," terangnya, Jumat, 10 Februari 2023.

 


Menurutnya, sejauh ini belum ada rencana pemerintah membangun pasar induk. Makanya, lanjutnya, perlu sekali di 2024 mendatang Pemprov Riau menginisiasi membangun pasar induk. 

 

"Supaya distribusi harga barang bisa dipantau kemudian bisa juga kembalikan. Pasar Cikpuan bisa jadi pasar induk, mengingat sudah diserahkan oleh Pemprov Riau ke Pemko Pekanbaru," katanya.

 

 

Legislator Dapil Pekanbaru itu pun menyarankan agar Pemko Pekanbaru mewacanakan sentralisasi perdagangan yang mampu menguntungkan Pekanbaru.

 

"Apalagi Pekanbaru bisa jadi tempat distribusi barang-barang ke seluruh Riau. Karena visi-misi Pekanbaru kan kota perdagangan dan jasa. Mengapa tidak Pasar Cikpuan itu menjadi proritas bagi Pemko untuk dijadikan pasar induk," tegasnya.